PRETTY, TASYA AIDILIA (2022) AKSESIBILITAS PELAYANAN DALAM KEPEMILIKAN KARTU KELUARGA DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KARIMUN PROVINSI KEPULAUAN RIAU. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
|
Text
REPOSITORY TASYA AIDILIA PRETTY FIX.pdf Download (235kB) | Preview |
Abstract
Upaya untuk meningkatkan tingkat kepemilikan Kartu Keluarga bagi penduduk. Hal tersebut mendorong Penulis untuk meneliti “Aksesibilitas Pelayanan dalam Kepemilikan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau” untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya tingkat kepedulian penduduk dalam mengurus Kartu Keluarga, dan mengetahui upaya-upaya dalam mengatasi masalah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi dengan informan yaitu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Kabupaten Karimun, Kepala Seksi Identitas Penduduk dan seluruh pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta penduduk penerima pelayanan. Data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa kemudahan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karimun kepada penduduk masih sangat kurang. Dilihat dari sulitnya transportasi untuk sampai ke Dinas serta jarak yang sangat jauh, biaya yang dikeluarkan penduduk pun tidak sedikit. Akibatnya banyak penduduk yang malas untuk mengurus masalah Kartu Keluarga. Untuk aksesibilitas penduduk dalam memperoleh pelayanan Kartu Keluarga di Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau, penulis menyarankan agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karimun dapat lebih memaksimalkan sosialisasi kepada penduduk tentang pentingnya Kartu Keluarga dan apa saja yang perlu dibawa dalam mengurus Kartu Keluarga, mengajukan pengadaan sarana pendukung seperti kapal dinas untuk kelancaran program jemput bola antar bola, sehingga dapat tercipta pelayanan yang baik bagi penduduk. Kata kunci : Aksesibilitas, Kartu Keluarga, jemput bola
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman |
Depositing User: | Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM |
Date Deposited: | 10 Jun 2022 06:52 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 06:52 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8358 |
Actions (login required)
View Item |