EFEKTIVITAS PELAYANAN PENGADUAN PUBLIK BERBASIS APLIKASI TERINTEGRASI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN TEGAL PROVINSI JAWA TENGAH

Hanifa, Alya Tsani (2022) EFEKTIVITAS PELAYANAN PENGADUAN PUBLIK BERBASIS APLIKASI TERINTEGRASI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN TEGAL PROVINSI JAWA TENGAH. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
ALYA TSANI HANIFA_29.0765_EFEKTIVITAS PELAYANAN PENGADUAN PUBLIK BERBASIS APLIKASI TERINTEGRASI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN TEGAL PROVINSI JAWA TENGAH.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Latar belakang dari penelitian yang dilakukan yaitu karena adanya pandemi covid-19 mempengaruhi aksesibilitas pelayanan publik khususnya dibidang pengaduan publik karena diberlakukannya social distancing serta Work From Home, sehingga masyarakat mengalami kendala dalam menyampaikan aspirasinya terhadap kinerja pemerintah. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas, faktor pendukung, dan penghambat dari program aplikasi Lapor Bupati Tegal sebagai aplikasi pengaduan yang terintegrasi. 2 Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif dengan menggunakan Teori Efektivitas menurut Subagyo sebagai pisau analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara (8 informan) dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan efektivitas pelayanan pengaduan publik berbasis aplikasi terintegrasi pada masa pandemi covid-19 di Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah belum efektif, terlihat dari indikator efektivitas yang belum terpenuhi. Kesimpulan: Pelayanan Pengaduan Publik Berbasis Aplikasi Lapor Bupati Tegal pada masa pandemi covid-19 di Kabupaten Tegal dinilai belum efektiv dalam membantu penangan pelayanan pengaduan publik, hal tersebut dibuktikan dengan Teori Efektivitas menurut Subagyo (2000) dimana 3 (tiga) indikator kurang memenuhi yaitu : Respon Masyarakat, Tujuan, dan Proses. Faktor pendukungnya berupa adanya partisipasi aktif dari Plt Bupati Tegal Umi Azizah selaku kepala daerah dan adanya bantuan pihak ketiga sebagai pengembang atau penyedia server. Sedangkan, faktor penghambatnya berupa tidak didukung dengan tenaga ahli dan biaya yang mumpuni, lambatnya respon dari pimpinan mengenai kendala yang terjadi, kurangnya koordinasi antara Setda dan Diskominfo, serta tidak hadirnya kepala OPD dalam sosialisasi PIC. Kata kunci: Pelayanan Pengaduan Publik, Lapor Bupati Tegal, Kemudahan Aksesibilitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Politics and Government > Applied Indonesian Politics
Depositing User: Politik Indonesia Terapan
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:34
Last Modified: 23 Jun 2022 04:34
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9961

Actions (login required)

View Item View Item