EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI SAKEDAP PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL, KABUPATEN BANDUNG JAWA BARAT

maulani, Anna (2022) EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI SAKEDAP PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL, KABUPATEN BANDUNG JAWA BARAT. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
8. FILE RINGKASAN SKRIPSI3.pdf

Download (432kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang(GAP):Aplikasi SAKEDAP merupakan salahsatu inovasi pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatansipil Kabupaten Bandung yang digunakan sebagai upaya mempercepat pelayanan administrasi kependudukan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelayanan administrasi kependudukan melalui Aplikasi SAKEDAP pada masa pandemi COVID 19 di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta upaya untuk mengatasi hambatan. Metode: Metode yang penulis gunakan yaitu penulisan kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Informan dalam penulisan ini ditentukan dengan cara purposive sampling dan snowball sampling. Data didapatkan dengan cara teknik wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Teknis analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Berdasarkan hasil analisis, pelayanan administrasi kependudukan melalui aplikasi SAKEDAP belum terlaksana secara efektif karena belum terpenuhinya beberapa indikator dalam pengukuran keefektivitasan Aplikasi SAKEDAP. Adapun faktor yang menjadi penghambat dalam proses pelayanan administrasi kependudukan melalui Aplikasi SAKEDAP dibagi menjadi dua yaitu dari segi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung (terlalu banyaknya permohonan penerbitan dokumen kependudukan, kurangnya tenaga ahli dan kurangnya koordinasi dengan perangkat desa atau kecamatan mengenai aplikasi SAKEDAP) dan dari segi masyararakat (kurangnya fasilitas penunjang di masyarakat, sulit mengupload berkas dan proses pelayanan yang lama). Sedangkan faktor pendukungnya yaitu adanya kekuatan hukum, software yang terus-menerus berkembang serta sarana dan prasarana yang memadai. Upaya yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung adalah penambahan fasilitas penunjang, perekrutan pegawai baru, serta evaluasi sistem secara berkala. Kesimpulan:Penulis menyarankan upaya untuk meningkatkan Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Aplikasi SAKEDAP pada masa pandemi COVID-19 di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung yaitu dengan melaksanakan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat secara menyeluruh dalam penggunaan aplikasi SAKEDAP, merekrut pegawai baru yang lebih handal dibidang ilmu teknologi atau melaksanakan pelatihan kepada pegawai, serta memperbaiki dan menambah fasilitas penunjang Aplikasi SAKEDAP. KataKunci: Pelayanan; Administrasi Kependudukan; Aplikasi SAKEDAP

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 21 Jun 2022 08:31
Last Modified: 21 Jun 2022 08:31
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9807

Actions (login required)

View Item View Item