Bestari, Rembati Ayu (2022) KUALITAS WEBSITE PADA DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAN KOTA CIMAHI PROVINSI JAWA BARAT. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.
|
Text
repository Tari 3.pdf Download (368kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Perkembangan teknologi dan komunikasi memberikan banyak manfaat di berbagai sektor kehidupan manusia. Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah untuk mewujudkan tata Kelola pemerintahan yang baik. Pemerintah mengeluarkan kebijakan dengan dihadirkannya Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) untuk membantu jalannya program pemerintah. Salah satu bentuk dari SPBE yang hadir saat ini adalah website pemerintah kota sebagai media penyebaran informasi dan sebagai layanan pengaduan masyarakat. Tujuan: Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana website pemerinta daerah Dinas Komunikasi Informatika Kearsipan dan Perpustakaan jika ditinjau dari aspek kualitas informasi, kulaitas layanan, kualitas teknis serta upaya dalam meningkatkan kualitas website. Metode: Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Konsep dasar kualitatif ini lebih menekankan bahwa unsur terpentingnya adalah sifat yang dimiliki oleh data yang diperoleh yaitu data ilmiah yang disajikan dalam bentuk penjelasan dan uraian dengan bentuk informasi atas penelitian tersebut. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah berupa observaasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan langkah-langkah yang digunakan dalam teknik analisa data adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan secara keseluruhan. Hasil/Temuan: Dinas Komunikasi Informatika Kearsipan dan Perpustakaan Kota Cimahi sudah berperan dengan baik dalam menciptakan transparansi informasi dengan cara menghadirkan website pemerintah daerah. Hal ini dibuktikan dengan respon yang baik dari masyarakat. Kesimpulan: Kualitas informasi yang disajikan oleh website pemerintah Kota Cimahi dapat dikatakan memiliki informasi yang akurat dan terpecaya. Informasinya juga memiliki keterkaitan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kualitas layanan yang diberikan oleh pengelola website sudah dikatakan cukup baik, namun masih terdapat kurangnya diantaranya adalah daya tanggap pengelola website yang tidak selalu cepat Kata Kunci: Perkembangan teknologi informasi, kualitas, website
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Goverment Management > Smart City Information Management |
Depositing User: | Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 08:23 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 08:23 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9768 |
Actions (login required)
View Item |