PELAYANAN PERIZINAN BERUSAHA BERBASIS RISIKO SECARA ONLINE PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

Purnami, Ida Ayu (2022) PELAYANAN PERIZINAN BERUSAHA BERBASIS RISIKO SECARA ONLINE PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
IDA AYU PURNAMI_29.1256_PELAYANAN PERIZINAN BERUSAHA BERBASIS RISIKO SECARA ONLINE PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis berfokus pada permasalahan terkait pelayanan perizinan berusaha berbasis risiko secara online yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Nusa Tenggara Barat. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan perizinan berusaha berbasis risiko secara online pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Nusa Tenggara Barat. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini informan ditentukan melalui teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Hasil penelitian yang dianalisis menggunakan teori pelayanan dari Zeithmal, Parasuraman, dan Berry meliputi lima dimensi yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy menunjukkan bahwa pelayanan perizinan berusaha berbasis risiko secara online telah berjalan dengan baik. Namun, dari segi tingkat kompeten para pemberi layanan masih kurang baik serta pelaku usaha juga masih banyak yang kurang paham dengan aplikasi OSS-RBA. Adapun beberapa hambatan yang ada dalam proses pelayanan dengan aplikasi OSS yaitu kurangnya kualitas Sumber Daya Manusia yang memadai, Masih adanya pelayanan perizinan berusaha yang belum terdaftar dalam aplikasi OSS-RBA, Kurangnya pemahaman masyarakat atau kesenjangan digital (digital devide) serta jaringan internet yang kurang stabil. Kesimpulan: Pelayanan perizinan berusaha berbasis risiko secara online pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Nusa Tenggara Barat sudah cukup baik dilihat dari dimensi tangibles, responsiveness, assurance, dan empaty. Namun untuk dimensi reliability masih kurang baik dan perlu ditingkatkan sehingga disarankan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dapat mengadakan pelatihan serta sosialisasi secara rutin kepada para pelaku usaha dan para ASN. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu diharapkan dapat mengkoordinasikan dengan yang memiliki wewenang di pusat terkait aplikasi OSS-RBA, Meningkatkan kualitas dari sarana dan prasarana yang ada di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kata Kunci: Pelayanan, Perizinan, Online

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Goverment Management > Local Government Administration
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:28
Last Modified: 21 Jun 2022 07:28
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9687

Actions (login required)

View Item View Item