EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL DALAM PENYAMPAIAN INFORMASI PUBLIK DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA PALU PROVINSI SULAWESI TENGAH

Ihza Erlangga, Nazel Fahmi (2022) EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL DALAM PENYAMPAIAN INFORMASI PUBLIK DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA PALU PROVINSI SULAWESI TENGAH. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
NAZEL FAHMI IHZA ERLANGGA_29.1695_EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL DALAM PENYAMPAIAN INFORMASI PUBLIK DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA PALU PROVINSI SULAWESI TENGAH.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): (Berisi background yang melatarbelakangi penelitian). Penulis berfokus pada permasalahan yang dialami terkait efektivitas media sosial dalan penyampaian informasi publik dinas Komunikasi dan Informatika. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Media Sosial Dalam Penyampaian Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palu. Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik Pengumpulan Data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Mengetahui faktor-faktor penghambat kinerja pegawai. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penyampaian informasi publik melalui media sosial bisa di katakan sudah efektif karena dinilai sudah sesuai dengan standar pelayanan yang baik dari segi pemakai, isi pesan, media komunikasi, format pesan, sumber pesan, ketepatan waktu. Akan tetapi masih memiliki beberapa hambatan yaitu Sumber daya aparatur yang dimiliki dan kualitas sumber daya manusia yang masih kurang, Jarak dan waktu, Sarana dan Prasarana yang masih kurang. Kesimpulan: Penyampaian informasi publik melalui media sosial bisa di katakan sudah efektif karena dinilai sudah sesuai denga standar pelayanan yang baik dari segi pemakai, isi pesan, media komunikasi, format pesan, sumber pesan, ketepatan waktu. Adapun faktor penghambat yang terdapat dalam proses penyampaian informasi publik melalui media sosial yang di alam Diskominfo Kota Palu yaitu Sumber daya aparatur yang dimiliki dan kualitas sumber daya manusia yang masih kurang yang dimana banyaknya tugas yang harus dikerjakan sehingga menjadi penghambat dalam pemberian informasi kepada masyarakat. Hambatan yang di alami Diskominfo Kota Palu adalah hal penting dalam pemberian informasi melalui media sosial terutama tentang pentingnya sumber daya manusia yang belum maksimal pada bidang IT agar dapat memaksimalkan pemberian informasi melalui media sosial Masalah jarak dan waktu , waktu kegiatan yang biasanya diluar jam kerja harus tetap disampaikan ke publik hal ini dilakukan Diskominfo Kota Palu untuk menghindari berita yang basi. Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan, Media Sosial

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:34
Last Modified: 20 Jul 2022 07:34
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9337

Actions (login required)

View Item View Item