Subekti, Ryo Adi (2022) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE DI KABUPATEN KEBUMEN. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
|
Text
Ryo Adi Subekti_29.0852_Efektivitas Pelaksanaan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Di Kabupaten Kebumen.pdf Download (421kB) | Preview |
Abstract
ermasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis berfokus pada masalah mengenaiEmpati atau tanggapan masyarakat terhadap aplikasi LAPORAN, Apakah masyarakat percaya menyampaikan pengaduan melalui aplikasi LAPOR, Bagaimana dampak yang diperoleh masyarakat dengan menggunakan aplikasi LAPOR, Bagaimana merupakan pemahaman masyarakat dalam menyampaikan pengaduan melalui aplikasi LAPOR.Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk Efektifitas Pelaksanaan Pelayanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Di Kabupaten Kebumen. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan data kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Probability Sampling dengan jumlah responden sebanyak 66. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pencatatan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil/Temuan: Implementasi Pelayanan Aspirasi dan Pengaduan Masyarakat Online efektif dalam pelayanan pengaduan di Kabupaten Kebumen. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah melakukan kegiatan sosialisasi mengenai Aplikasi LAPOR, meningkatkan segala aspek penunjang pelaksanaan LAPOR, meningkatkan koordinasi dan menjalin kerjasama dalam penyelesaian laporan pengaduan dari masyarakat, memberikan edukasi kepada masyarakat kebumen melalui sosialisasi media mengenai tata cara pengaduan melalui Aplikasi Lapor.Kesimpulan: Dimensi Empati, Dimensi Persuasi, Dimensi Dampak, Komunikasi (Citizen Support), keempat dimensi tersebut mendapatkan nilai rata-rata diatas 3, dan aplikasi dinyatakan efektif Kata Kunci: Efektivitas Layanan, Pengaduan Masyarakat, Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 06:15 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 06:15 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9270 |
Actions (login required)
View Item |