EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI SP4N-LAPOR! DALAM PENANGANAN PENGADUAN DI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIKA DAN PERSANDIAN KOTA PEKANBARU

HARAHAP, ANNA ASRINIATI (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI SP4N-LAPOR! DALAM PENANGANAN PENGADUAN DI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIKA DAN PERSANDIAN KOTA PEKANBARU. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
Anna Asriniati Harahap_29.0255_EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI SP4N-LAPOR DALAM PENANGANAN PENGADUAN DI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIKA DAN PERSANDIAN KOTA PEKANBARU.pdf

Download (634kB) | Preview

Abstract

Problem Statement / Background (GAP): In order to meet the needs of the community, various efforts were made to improve the quality of public services, such as involving community participation through SP4N-LAPOR online-based public complaints. However, in its implementation it is still considered less than optimal, this is due to several obstacles such as system constraints in the form of errors, a lack of resources, and the lack of public awareness. Purpose: The purpose of this study was to determine the effectiveness of using the SP4N-LAPOR application in handling complaints at the Pekanbaru City Statistics and Encoding Information and Communications Office and the various inhibiting factors as well as the efforts made to overcome these inhibiting factors. Method: This study uses the theory of Gibson and Steers based on five variables, namely (1) production or productivity, (2) quality or quality, (3) efficiency, (4) flexibility, (5) satisfaction. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The method used to analyze the data is a qualitative descriptive analysis technique with an inductive approach. Conclusion: The results of the study indicate that several complaints service matters have met the requirements but have not been implemented properly. This is due to the inhibiting factors such as system constraints, the lack of human resources and the lack of public awareness in submitting complaints. As for the efforts that can be made to overcome these obstacles, such as improving the system, adding employees and outreach to raise public awareness of the importance of making complaints. Keywords: Effectiveness, SP4N-LAPOR, complaints Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat, berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, seperti melibatkan partisipasi masyarakat melalui pengaduan masyarakat berbasis online SP4N-LAPOR. Namun dalam pelaksaannya masih dianggap kurang optimal, hal ini dikarenakan beberapa hambatan seperti kendala sistem berupa error, jumlah sumber daya yang kurang, serta masih kurangnya kesadaran masyarakat. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini agar dapat mengetahui Efektivitas penggunaan aplikasi SP4N-LAPOR dalam penanganan pengaduan di Dinas Komunikasi Informatika Statistika dan Persandian Kota Pekanbaru dan berbagai faktor penghambatnya serta upaya yang dilakukan dalam mengatasi faktor penghambat tersebut. Metode: Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif dengan menggunakan teori efektivitas oleh Gibson dan Steers dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan pengamatan/observasi, wawancara/interview dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Penelitian ini menggunakan teori Gibson dan Steers berdasarkan lima variable, yaitu (1) Produksi atau produktivitas, (2) mutu atau kualitas, (3) efisiensi, (4) fleksibelitas, (5) kepuasan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa urusan pelayanan pengaduan telah memenuhi syarat namun belum terlaksana dengan baik. Hal tersebut dikarenakan adanya faktor penghambat seperti kendala sistem, jumlah sumber daya manusia yang kurang dan masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam memberikan pengaduannya. Adapun upaya yang bias dilakukan dalam mengatasi hambatan tersebut seperti perbaikan sistem, penambahan pegawai serta sosialisasi agar munculnya kesadaran masyarakat akan pentingnya melakukan pengaduan. Kata kunci : Efektivitas, SP4N-LAPOR, pengaduan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Smart City Information Management
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 15 Jun 2022 05:56
Last Modified: 15 Jun 2022 05:56
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9110

Actions (login required)

View Item View Item