TRANSPARANSI INFORMASI PORTAL RESMI PEMERINTAH BERBASIS TEKNOLOGI WEBSITE DALAM UPAYA PEMENUHAN PELAYANAN PUBLIK KOTA JAKARTA BARAT

Nur aida, Rifa (2022) TRANSPARANSI INFORMASI PORTAL RESMI PEMERINTAH BERBASIS TEKNOLOGI WEBSITE DALAM UPAYA PEMENUHAN PELAYANAN PUBLIK KOTA JAKARTA BARAT. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
JURNAL_Rifa Nur Aida - 29.0610 FIX.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): This research deals with how to transparency of local Government on the official portal of Government of West Jakarta City (barat.jakarta.go.id). The background underlying the writing of this is the openness of the information becomes the important thing at the moment and one of the demands of the community. Objective: As for the purpose of this research is to know the application of transparency on the portal of Government of West Jakarta City run by Sudinkominfo. Method: This study uses qualitative methods. The data collected through the study of librarianship and the study of the field. This study describes the application of transparency on the portal using the theory of web development at the company. Study of field observation is intended as well as in-depth interviews to the Manager. Result: The results of this research show that the application of transparency on the portal barat.jakarta.go.id categorized yet either. Conclusion: Because of the four principle used only one categorized Category easy access portals at barat.jakarta.go.id, while the other, namely availability of information, interaction opportunities, and public communication facilities are categorized is not good because there are still deficiencies in its application. So that future repair needs to be done in total so that portals can be better. Keywords: e-government, transparency, government portal ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penelitian ini membahas mengenai bagaimana penerapan transparansi portal resmi pemerintah berbasis teknologi website dalam upaya pemenuhan pelayanan publik Kota Jakarta Barat (barat.jakarta.go.id). Latar belakang yang mendasari penulisan skripsi ini adalah keterbukaan informasi menjadi hal yang penting saat ini dan salah satu tuntutan dari masyarakat. Tujuan: Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan transparansi pada portal resmi Pemerintah Kota Jakarta Barat yang dikelola oleh Sudinkominfo. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan. Penelitian ini menjelaskan penerapan transparansi pada portal menggunakan teori transparansi pada portal. Studi lapangan yang dimaksudkan adalah observasi serta wawancara yang mendalam kepada pengelola. Hasil/Temuan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan transparansi pada portal barat.jakarta.go.id dikategorikan belum baik. Kesimpulan: Karena dari empat prinsip yang digunakan hanya satu yang dikategorikan baik yaitu kategori kemudahan dalam mengakses barat.jakarta.go.id, sedangkan tiga lainnya yaitu ketersediaan informasi, kesempatan berinteraksi, dan fasilitas komunikasi publik dikategorikan tidak baik karena masih terdapat kekurangan-kekurangan dalam penerapannya. Sehingga kedepannya perbaikan perlu dilakukan secara total agar portal dapat menjadi lebih baik. Kata kunci: e-government, transparansi, portal pemerintah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 14 Jun 2022 08:04
Last Modified: 14 Jun 2022 08:04
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9017

Actions (login required)

View Item View Item