ZULFAIZZA, ABNI FACHMI (2022) EFEKTIVITAS MY-SAPK(SISTEM APLIKASI PELAYANAN KEPEGAWAIAN) DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BKPSDM) KABUPATEN BULUKUMBA. Diploma thesis, IPDN.
|
Text
RINGKASAN SKRIPSI ABNI FACHMI ZULFAIZZA_E3_29.1353_EFEKTIVITAS MY-SAPK TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BKPSDM KABUPATEN BULUKUMBA.pdf Download (259kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Perubahan Paradigma dalam pengelolaan data kepegawaian melatarbelakangi dilaksanakannya penelitian ini, yang mana pengelolaan data pegawai sebelumnya dilakukan secara manual sekarang dilakukan dengan menggunakan sebuah sistem yang dinamakan My-SAPK (Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian) . Tujuan: untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari penggunaan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bulukumba. Metode: Dalam penulisan penelitian ini Teori efektivitas yang digunakan adalah menggunakan teori dari Gibson Ivanenvich dan Donnely tahun 2006. Penulisan skripsi ini menggunakan metode penulisan kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: menunjukkan bahwa efekivitas dari penerapan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian di Badan Kepegwaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bulukumba sebenarnya sudah dijalankan. Tetaapi apabila dilihat dari teori efektivitas dari Gibson, Ivanevich dan Donnelly melalui lima dimensi yang disajikan yaitu produktivitas, efisiensi, kepuasan, fleksibilitas, dan mutu masih perlu di tingkatkan untuk kedepannya. Masih terdapat beberapa faktor penghambat dari penerapan My-SAPK ini, yaitu seperti data pegawai yang kurang berkualitas, dari sumber daya teknologi dan sumber daya manusia belum memadai, masih banyak pegawai yang belum meng-update data pribadi. Tetapi beberapa upaya telah dilakukan dalam mengatasi hal ini seperti melakukan sosialisasi kepada pegawai, merencanakan jumlah sarana dan prasarana tambahan, selalu mengingatkan kepada pegawai mengenai update data pribadi , merencanakan penambahan jumlah pegawai serta meningkatkan kemanan dari sistem tersebut. Kata Kunci: Efektivitas, My-SAPK, Layanan Administrasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik FMP |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 07:53 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 07:53 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/9012 |
Actions (login required)
View Item |