Putra, Muhammad Bayu (2022) KUALITAS PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN ACEH TAMIANG PROVINSI ACEH. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
|
Text
repository_Muhammad Bayu Putra_29.0045_Kualitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Aceh Tamiang Provinsi Aceh.pdf Download (310kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Pelayanan publik di Indonesia dapat dikatakan sebagai suatu hal yang sangat penting. Kualitas pelayanan adalah landasan utama untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen. Dalam melayani masyarakat tidak hanya dilihat dari kualitasnya saja tetapi melayani masyarakat dapat dilihat juga dalam kemampuan memberikan pelayanan itu sendiri. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengertahui dan mendeskripsikan bagaimana kualitas pelayanan terpadu satu pintu, faktor penghambat kualitas pelayanan terpadu satu pintu serta upaya apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan terpadu satu pintu pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu pintu Kabupaten Aceh Tamiang. Metode: Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan induktif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil klasifikasi berdasarkan person, place, dan paper yang kemudian diimplementasikan dengan teknik pengumpulan data dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Lalu, temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu kualitas pelayanan terpadu satu pintu yang secara perlahan sudah tergolong cukup baik dan stabil meskipun masih terkendala sarana dan prasarana seperti peralatan kantor yang secara keseluruhan kurang memadai sehingga menghambat dalam penerapan pelayanan online yang digunakan. Kesimpulan: Selanjutnya analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan terpadu satu pintu belum memenuhi syarat kualitas pelayanan, hal ini dikarenakan masih adanya faktor penghambat seperti sarana dan prasarana, jumlah sumber daya manusia, serta kepastian waktu. Oleh karena itu diperlukan upaya yang dilakukan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Aceh Tamiang yaitu meminta dukungan pemerintah dan instansi terkait dalam meningkatkan kuaitas pelayanan terpadu satu pintu. Dalam hal ini juga penulis menyarankan agar ada penambahan peralatan kantor untuk menunjang sarana dan prasarana yang belum memadai, lebih memberikan kepastian waktu kepada masyarakat serta pegawai harus mampu bersikap adil kepada masyarakat. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik, Masyarakat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Administrasi Pemerintahan Daerah FMP |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 04:15 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 04:15 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8894 |
Actions (login required)
View Item |