STRATEGI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DALAM MENGELOLA SP4N-LAPOR! DI KABUPATEN BLORA PROVINSI JAWA TENGAH

Anjarwati, Nila (2022) STRATEGI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DALAM MENGELOLA SP4N-LAPOR! DI KABUPATEN BLORA PROVINSI JAWA TENGAH. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
NILA ANJARWATI_29.0833_STRATEGI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DALAM MENGELOLA SP4N-LAPOR! DI KABUPATEN BLORA PROVINSI JAWA TENGAH.pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis mengambil judul penelitian di atas sehubungan dengan masih rendahnya pengelolaan pengaduan masyarakat melalui SP4N-LAPOR! di Kabupaten Blora. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika dalam mengelola SP4N-LAPOR! di Kabupaten Blora. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori Fungsi Manajemen POAC oleh George R. Terry (1958) dan dengan teknik analisis SWOT menurut Freddy Rangkuti (1998). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggabungkan teknik observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur (9 informan) dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini adalah SP4N-LAPOR! di Kabupaten Blora belum dikelola secara efektif, dibuktikan dengan adanya beberapa faktor penghambat seperti minimnya sumber daya baik sumber daya manusia maupun sumber daya anggaran, sosialisasi yang belum masif dan belum adanya evaluasi kegiatan. Kesimpulan: Strategi pengelolaan SP4N-LAPOR! di Kabupaten Blora masih belum efektif, hal ini dikarenakan kurangnya sumber daya manusia, minimnya sumber daya anggaran, rendahnya sosialisasi kepada masyarakat serta belum adanya evaluasi kegiatan pengelolaan SP4N-LAPOR!. Guna meningkatkan pengelolaan SP4N-LAPOR! di Kabupaten Blora, disarankan untuk melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat, menempatkan sumber daya manusia yang kompeten serta mengadakan rapat evaluasi sebagai bentuk pengawasan pengelolaan SP4N-LAPOR!. Kata kunci: Strategi; SP4N-LAPOR!; Pengaduan Masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:03
Last Modified: 14 Jun 2022 07:03
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8829

Actions (login required)

View Item View Item