KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI SI D'NOK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG PROVINSI JAWA TENGAH

Purnomo, Adi Bagus (2022) KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI SI D'NOK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG PROVINSI JAWA TENGAH. Diploma thesis, Institut pemerintahan dalam negeri.

[img]
Preview
Text
REPOSITORI ADIBAGUS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penulis berfokus pada permasalahan masih ditemukan banyak masyarakat belum seluruhnya paham menggunakan aplikasi D’Nok ini ditambah kurangnya sosialisasi dari instansi terkait tentang aplikasi ini Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pelayanan administrasi kependudukan melalui aplikasi Si D’nok serta menganalisis kendala pelaksanaanya untuk dicarikan solusi yang terbaik. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif dan analisis terhadap teori kualitas pelayanan dari Zeithaml dalam buku Hardiansyah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam (11 informan), dokumentasi dan observasi. Hasil/Temuan: Dalam pelaksanaan pelayanan terkadang masih ada gangguan jaringan yang menyebabkan pelayanan penerbitan dokumen kependudukan menjadi terhambat. Kesimpulan: Pelayanan Administrasi Kependudukan melalui Aplikasi Si D’nok yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang menurut pegawai dan masyarakat secara keseluruhan masih kurang baik berdasarkan dimensi Tangible, Reliability, dan Assurance dalam indikator sarana prasarana dan jaminan tepat waktu karena masih terdapat sarana yang kurang memadai dan terdapat kendala yang menghambat proses pelayanan Administrasi Kependudukan ini. Pelayanan sudah dikatakan baik terdapat pada dimensi Responsivines dan Emphaty dalam kecepatan dan ketepatan pelayanan dan kemudahan dalam komunikasi yang baik. Meskipun masih ditemukan beberapa hambatan namun upaya yang telah dilakukan yaitu dengan meningkatkan jaringan yang dimiliki. Kata Kunci: Pelayanan secara online, Aplikasi Si D’nok, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 09 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Jun 2022 04:29
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/8208

Actions (login required)

View Item View Item