Damanik, Harisun Mirza (2022) EFEKTIVITAS PELAYANAN PENGADUAN PERIZINAN ONLINE (LANPION) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA MEDAN. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
|
Text
Harisun Mirza Damanik.pdf Download (600kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan (GAP): penulis berfokus pada permasalahan yaitu masih banyaknya masyarakat yang datang untuk mendapatkan pelayanan perizinan online, Masih banyak masyarakat yang belum paham dalam menggunakan layanan pengaduan berbasis online serta Peneliti melihat masih banyaknya masyarakat yang kurang puas dalam layanan pengaduan perizinan online.Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana Layanan Pengaduan Perizinan Online (LANPION) apakah telah efektif dalam pelayanan. Kesiapan pegawai, masyarakat, website serta sarana dan prasarana. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori efektivitas. Layanan pengaduan berbasis online di buat untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dimanapun dan kapanpun tanpa harus datang ke kantor Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan. Kesiapan masyarakat dalam penggunanan pelayanan berbasis online menjadikan salah satu faktor yang membuat kesuksesan layanan. Hasil/Temuan: Hasil penelitian yang ditemukan adalah tidak efektifnya layanan yang dilaksanakan dikarenakan banyaknya masyarakat yang belum mengerti dalam penggunaan layanan perizinan berbabasis online dan faktor-faktor dalam indikator yang tidak memenuhi hasil yang diinginkan menjadikan layanan tersebut dianggap penulis kurang efektif dan efesien. Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan harus siap untuk melaksanakan layanan dengan memenuhi faktor pendukung dalam pelayanan. Kesimpulan: Layanan Perizinan Online (LANPION) dalam pelaksanaan masih kurang optimal dan efektif dikarenakan adanya dua layanan yang memiliki kesamaan fungsi sebagai layanan pengaduan. Layanan Pengaduan Perizinan Online (LANPION) bila dilihat pada fungsi sebagai layanan yang dianggap lebih efektif dan efesien, dikarenakan dapat diakses oleh masyarakat kapanpun dan dimanapun melalui perangkat elektronik atau gadged masih memiliki kekurangan. Banyaknya masyarakat yang masih datang ke Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan untuk mendapatkan layanan pengaduan menjadikan layanan pengaduan berbasis online ini dianggap kurang efektif, dikarenakan banyak masyarakat yang belum mengerti untuk menggunakannya dan masyarakat masih memilih untuk datang langsung ke kantor. Kata kunci: efektivitas, kesiapan, layanan online
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Administrasi Pemerintahan Daerah FMP |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 02:19 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 02:19 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/7265 |
Actions (login required)
View Item |