MANAJEMEN PENILAIAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN SEMARANG PROVINSI JAWA TENGAH

saputra, muhammad yusuf arief (2022) MANAJEMEN PENILAIAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN SEMARANG PROVINSI JAWA TENGAH. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
29.0829_Muhammad Yusuf_Manajemen Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Dispermasdes Kabupaten Semarang.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Pegawai Negeri Sipil merupakan warga Negara Indonesia yang diangkat sebagai Aparatur Sipil Negara oleh pejabat pembina kepegawaian yang telah memenuhi kualifikasi tertentu untuk menduduki suatu jabatan pemerintah. Dalam pelaksanaan tugasnya, penilaian kinerja PNS merupakan hal yang wajib dilakukan pada kurun waktu tertentu. Penilaian tersebut menganut pada sistem merit yaitu sistem pengelolaan sumber daya manusia dengan dasar prestasi yang mana setiap perilaku kerja pegawai yang tergolong baik atau buruk akan berdampak langsung pada peningkatan atau penurunan pendapatan dan karir pegawai. Selama penerapannya, peraturan pemerintah yang mengatur tentang penilaian kinerja PNS pun beberapa kali berganti. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DISPERMASDES) merupakan pelaksana urusan pemerintahan dengan tanggung jawab sebagai penyokong kinerja bupati dalam menjalankan tugas pemberdayaan terkait masyarakat dan desa. Nilai capaian kinerja PNS DISPERMASDES Kabupaten Semarang pada tahun 2018 mendapatkan nilai baik di mana nilai ini bisa dikatakan belum maksimal dalam pencapaiannya. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisa serta mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan manajemen penilaian kinerja Pegawai Negeri Sipil pada DISPERMASDES Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah. Metode: Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode yaitu observasi, wawancara (31 responden), dan dokumentasi. Hasil: manajemen penilaian kinerja PNS di Dispermasdes Kabupaten Semarang sudah berjalan dengan baik walaupun ditemui beberapa kendala. Faktor penghambat penilaian kinerja diantaranya kedekatan antara pejabat penilai dengan pegawai yang dinilai, spesialisasi pekerjaan dan standar kinerja, serta sikap pegawai terhadap evaluasi kinerja. Kata Kunci : Penilaian Kinerja, PNS, SKP

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Public Sector Human Resource Management
Depositing User: Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik FMP
Date Deposited: 06 Jun 2022 06:23
Last Modified: 06 Jun 2022 06:23
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/6837

Actions (login required)

View Item View Item