ANJELI, TRICIA (2021) PENGELOLAAN RETRIBUSI PARKIR DI KOTA PALANGKARAYA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. Diploma thesis, IPDN Jatinangor.
|
Text
RINGKASAN LAPORAN AKHIR_TRICIA ANJELI_28.0899_PENGELOLAAN RETRIBUSI PARKIR DI KOTA PALANGKARAYA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH.docx.pdf Download (201kB) | Preview |
Abstract
Retribusi daerah adalah salah satu Pendapatan Asli Daerah selain dari pajak daerah. Untuk mendapatkan penerimaan yang maksimal dari Pendapatan Asli Daerah tersebut dibutuhkan pengelolaan yang tepat, oleh sebab itu penulis memutuskan melakukan penelitian tentang pengelolaan retribusi parkir tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami sistem pengelolaan retribusi parkir di Kota Palangkaraya dan apa saja yang menjadi penghambat pengelolaannya serta upaya apa yang Dinas Perhubungan Kota Palangkaraya lakukan. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian dan verifikasi. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan penulis maka pengelola yang berlangsung pada Dinas Perhubungan Kota Palangkaraya dimulai dari tahap perencanaan dan persiapan, tahap ratifikasi, tahap implementasi serta tahap pelaporan dan evaluasi. Adapun, faktor penghambatnya adalah perencanaan dan persiapan yang belum maksimal, lokasi parkir yang belum terdata, kurangnya pemahaman masyarakat mengenai retribusi parkir, kurangnya jumlah personil di lapangan, pengawasan yang belum maksimal, musim hujan yang mempengaruhi pendapatan parkir, transportasi online mengurangi intensitas kendaraan pribadi, kebijakan pemerintah di masa Pandemi Covid-19, dan kurangnya SDM di bidang keuangan. Selanjutnya, faktor pendukungnya adalah perencanaan dan persiapan yang terarah, jumlah kendaraan bermotor yang semakin meningkat setiap tahunnya, kemampuan political skill yang baik, kemampuan manajerial skill yang baik, mekanisme pembayaran retribusi di awal bulan, bekerjasama dengan pihak ketiga, dan respon sigap terhadap permasalah parkir yang terjadi. Adapun upaya yang dapat dilakukan adalah meningkatkan target penerimaan retribusi parkir, bekerjasama dengan pihak ketiga, menjaga komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pihak, membentuk Tim 12 sebagai unit reaksi cepat, melakukan kerjasama mitra dengan SATPOL PP dan Brimob di bidang pengawasan, melakukan razia parkir atau inspeksi mendadak, dan menyajikan laporan keuangan secara transparan. Kata kunci : Kota Palangkaraya, pengelolaan, retribusi parkir
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Auliya Noviyani Sardi |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 06:44 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 06:44 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/6356 |
Actions (login required)
View Item |