Kinerja Pegawai Dalam Penggunaan Aplikasi E-Samsat Di Badan Pendapatan Daerah Provinsi Riau (Studi Pada Unit Pelaksana Teknis Simpang Tiga)

Sitepu, Eben Haezer Juahta (2021) Kinerja Pegawai Dalam Penggunaan Aplikasi E-Samsat Di Badan Pendapatan Daerah Provinsi Riau (Studi Pada Unit Pelaksana Teknis Simpang Tiga). Diploma thesis, IPDN Jatinangor.

[img]
Preview
Text
Ringkasan LA_Eben Haezer Juahta Sitepu_28.0229_Kinerja Pegawai Dalam Penggunaan Aplikasi E-Samsat Di Badan Pendapatan Daerah Provinsi Riau (Studi Pada Unit Pelaksana Teknis Simpang Tiga).docx.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Permasalahan: Penulis berfokus pada permasalahan penurunan realisasi penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), kurangnya sosialisasi tentang E-Samsat, kinerja pegawai melayani masyarakat membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Tujuan: tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis kinerja pegawai dalam penggunaan aplikasi E-Samsat, mengetahui dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat kinerja pegawai dalam penggunaan aplikasi E-Samsat, mengetahui dan menganalisis upaya mengatasi faktor penghambat Kinerja Pegawai Dalam Penggunaan Aplikasi E-Samsat Di Badan Pendapatan Daerah Provinsi Riau (Studi Pada Unit Pelaksana Teknis Simpang Tiga). Metode: Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan pendekatan induktif.. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori kinerja Sedarmayanti (2017 : 323) yang terdiri dari Pekerjaan, Perilaku, Hasil dan Tingkat Kehadiran sebagai pisau analisis. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pegawai Unit Pelaksana Teknis Simpang Tiga Kota Pekanbaru Provinsi Riau dalam melayani masyarakat membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) melalui aplikasi E-Samsat sudah tergolong baik, namun masih saja ada hambatan yang dirasakan pegawai serta keluhan masyarakat terhadap aplikasi E-Samsat. Kesimpulan: kinerja pegawai dalam pelaksanaan tugas, tanggung jawab maupun pelayanan terhadap masyarakat membayar pajak baik melalui aplikasi E-Samsat maupun di kantor pelayanan sudah baik, namun masih ada hambatan yang dirasakan pegawai. Masih banyak tanggapan negatif masyarakat mengenai aplikasi E-Samsat. Kata Kunci: Kinerja, Konsep Aparatur, E-Government, Organisasi Perangkat Daerah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Auliya Noviyani Sardi
Date Deposited: 05 Oct 2021 04:32
Last Modified: 05 Oct 2021 04:32
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/6344

Actions (login required)

View Item View Item