STRATEGI BADAN PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH DALAM PENINGKATAN PAJAK REKLAME PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA SURAKARTA PROVINSI JAWA TENGAH

Pratama, Andhika Yoga (2021) STRATEGI BADAN PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH DALAM PENINGKATAN PAJAK REKLAME PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA SURAKARTA PROVINSI JAWA TENGAH. Diploma thesis, IPDN Jatinangor.

[img]
Preview
Text
3. FORMAT RINGKASAN LA SKRIPSI_ANDHIKA YOGA PRATAMA_28.0628_STRATEGI BADAN PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH DALAM PENINGKATAN PAJAK REKLAME PADA MASA PANDEMI COVID.docx.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Permasalahan (GAP): “STRATEGI BADAN PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH DALAM PENINGKATAN PAJAK REKLAME PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA SURAKARTA PROVINSI JAWA TENGAH”. Tujuan: untuk mengetahui strategi dari Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Surakarta dalam peningkatan pajak reklame, untuk mengetahui faktor penghambat dalam pelaksanaan pajak reklame, dan untuk mengetahui upaya dalam menghadapi faktor penghambat tersebut. Metode: kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif yang mendeskripsikan strategi Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dalam peningkatan pajak reklame pada masa pandemi covid-19 di Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah dengan menggunakan Matrik SWOT serta menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil/Temuan: Strategi dari BPPKAD Kota Surakarta dalam peningkatan pajak reklame yaitu dengan melakukan penyuluhan dan sosialisasi melalui broadcast message whatsapp dan sosialisasi paguyuban reklame, menerapkan penataan manajemen pelayanan yang baik, memberikan reward dan punishment bagi wajib pajak, meningkatkan kerjasama antar pihak ketiga, memaksimalkan UPT BPPKAD di wilayah Kota Surakarta, meningkatkan patrol penertiban reklame illegal. Hambatan yang dihadapi seperti adanya oknum yang memasang reklame illegal, wajib pajak yang tidak mendaftarkan objek pajak, masih kurangnya kesadaran wajib pajak reklame dan kurangnya informasi yang akurat tentang penyelenggaraan reklame. BPPKAD Kota Surakarta melakukan upaya dengan mengacu pada Peraturan Walikota Surakarta No 58 Tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Pajak Reklame, melakukan patrol secara rutin, serta memaksimalkan aplikasi SIMPATDA guna membantu penyelenggaraan pajak reklame dan aplikasi EPSON untuk membantu pembayaran pajak daerah. Kesimpulan: Strategi Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Surakarta dalam peningkatan pajak reklame sudah cukup baik dan dinilai dapat mengatasi hambatan-hambatan dalam penyelenggaraan pajak reklame di Kota Surakarta dengan baik pula. Kata kunci: Strategi, Pajak Reklame, SWOT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Auliya Noviyani Sardi
Date Deposited: 01 Oct 2021 06:56
Last Modified: 01 Oct 2021 06:56
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/6316

Actions (login required)

View Item View Item