pengelolaan pelayanan pasar dalam meningkatkan retribusi oleh dinas perdagangan di kota metro provinsi lampung

kurnia, rachmawati (2018) pengelolaan pelayanan pasar dalam meningkatkan retribusi oleh dinas perdagangan di kota metro provinsi lampung. Diploma thesis, IPDN.

[img] Text
3.ABSTRAKNIA.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Retribusi pelayanan pasar merupakan salah satu komponen dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD). Penurunan retribusi pelayanan pasar di Kota Metro Provinsi Lampung merupakan sauatu masalah yang perlu untuk diteliti. Penelitian ini berjudul Pengelolaan Pelayanan Pasar Dalam Meningkatkan Retribusi oleh Dinas Perdagangan Di Kota Metro Provinsi Lampung, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pelayanan pasar yang dilakukan oleh dinas perdagangan untuk meningkatkan retribusi Pelayanan Pasar di Kota Metro, faktor-faktor yang menghambat pengelolaan pelayanan pasar sehingga terjadi penurunan retribusi, dan bagaimana upaya dinas perdagangan dalam meningkatkan penerimaan retribusi pelayanan pasar agar sesuai dengan target yang seharusnya. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian kualitatif-deskriptif dengan pendekatan induktif yang dimana pada penelitian ini, penulis dapat menceritakan, menggambarkan suatu keadaan dan permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, penulis menarik kesimpulan bahwa sosialisasi mengenai lapak baru yang dilakukan oleh dinas perdagangan kurang mendapat respon yang cukup baik dari para pedagang sehingga target pada tahun 2016 belum tercapai, dalam mekanisme pengelolaan pelayanan pasar dalam meningkatkan retribusi dinas perdagangan berupaya untuk menarik minat para penjual unutk mengisi kos-kios kosong dengan meningkatkan pelayanan kebersihan dan kemanan serta dengan menerapkan uji petik untuk melakukan pengawasan dilapangan Kata kunci: Pengelolaan, Retribusi Pelayanan Pasar ABSTRACT Retribution service market is one component in the Local Revenue (PAD). The decrease of market service levy in Metro City of Lampung Province is one of problem that need to be studied. This research entitled Management of Market Service in Increasing Retribution by Trade Service In Metro City of Lampung Province, this research aim to know how management service market conducted by trade department to increase Retribution Market Service in Metro City, the factors that hamper management of market service so that there is a decrease in retribution, and how trade services efforts in increasing the acceptance of market service levies to fit the targets that should be. In this study, the method used by the authors is a qualitative-descriptive research method with an inductive approach where in this study, the authors can tell, describe a situation and problems studied. Data collection techniques used by the author are observation, interview and documentation. Based on the results of the research that has been carried out, the authors draw the conclusion that the socialization of new stalls conducted by the trade offices received less good response from the traders so that the target in 2016 has not been achieved, in the mechanism of market service management in increasing the levy of trade services trying to attract the seller's interest to fill the empty kiosks by improving the hygiene and security services and by applying the quotation test to supervise the field Keywords: Management, Retribution of Market Services

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Users 322 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2018 06:06
Last Modified: 16 Jul 2018 06:06
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/620

Actions (login required)

View Item View Item