TRANSFORMASI KURIKULUM PENDIDIKAN KADER APARATUR ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI

Handayani, Nur and Akbar, Bahrullah and Kurniawati, Layla and Sutikno, Achmad Nur (2019) TRANSFORMASI KURIKULUM PENDIDIKAN KADER APARATUR ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI. [Experiment]

[img]
Preview
Text
LIT lengkap 2019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisi dan mendeskeskripsikan kurikulum pendidikan kader aparatur di IPDN; transformasi kurikulum pendidikan kader aparatur era RI 4.0 di IPDN; faktor-faktor yang mempengaruhi transformasi kurikulum pendidikan kader aparatur era RI 4.0 di IPDN. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif dengan teknik pengumpulan data dokumentasi, observasi, wawancara, kuesioner dan dianalisis melalui reduksi data, tabulasi data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kurikulum pendidikan kader aparatur program Diploma IV IPDN ditinjau dari teori Miller Seller menunjukkan bahwa kurikulum program D4 IPDN berorientasi tranmisi karena lebih menekankan pada isi atau materi ajar dimana mahasiswa langsung dihadapkan pada sejumlah materi pembelajaran yang harus diselesaikan selama 8 semester, tujuan pembelajaran mayoritas baru mencapai ranah kognitif dan masih berada pada tataran C2 , model mengajar (strategi mengajar) rata-rata masih model konvensional. Pada tataran implementasi tingkat kesesuaian materi pembelajaran dengan SAP/GBPP atau RPP/RPS terkesan acak. Dari segi kepuasan stakeholder pada tataran konsep dan penerapan teknologi informasi serta pemahaman tentang pemerintahan daerah perlu ditingkatkan; (2) Transformasi kurikulum pendidikan kader aparatur era RI 4.0 di IPDN menunjukkan adanya perubahan dalam penekanan standar lulusan dimana semula ±150 SKS dalam 8 semester menjadi ± 170 SKS dalam 8 semester dengan perubahan penekanan yang semula lebih ke aspek kognitif menjadi ke aspek psikomotorik (praktik) dan perubahan nomenklatur prodi serta penambahan 1 fakultas dan 3 prodi baru. Namun tenaga pendidik dan sarana prasarana masih menggunakan yang lama dengan membagi ketiga fakultas; (3)Faktar-faktor yang mempengaruhi transformasi kurikulum pendidikan kader aparatur era RI 4.0 di IPDN adalah (a) faktar internal yaitu lembaga IPDN dan komitmen para pengambil kebijakan dan (b) faktor Eksternal meliputi : masyarakat, Lahirnya Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Revolusi Industri 4.0 (Tuntutan Perkembangan IPTEK), Kebutuhan Pangsa Pasar, Akreditasi Program Studi di IPDN. Untuk itu perlu adanya komitmen semua pemangku kepentingan di IPDN dalam mewujudkan tranformasi kurikulum pendidikan kader aparatur era RI 4.0 dengan menyelenggarakan kurikulum berorientasi transformasi dan lebih mendewasakan praja serta merekrut dosen sesuai dengan standar kebutuhan. Kata Kunci : Transformasi dan Kurikulum RI 4.0

Item Type: Experiment
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: S.IP, M.Si Kuncoro G. Pambayun
Date Deposited: 21 Nov 2019 07:41
Last Modified: 21 Nov 2019 07:41
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/5389

Actions (login required)

View Item View Item