E-government dalam Business Process Reenginering Administrasi Pelayanan Perizinan (Kasus Pelayanan Perizinan Mendirikan Bangunan Kota Depok)

Harahap, agus supriadi (2017) E-government dalam Business Process Reenginering Administrasi Pelayanan Perizinan (Kasus Pelayanan Perizinan Mendirikan Bangunan Kota Depok). Jurnal Widya Praja (1). pp. 1-10.

[img]
Preview
Text (egovernment)
Jurnal_disertasi_egov.pdf

Download (987kB) | Preview

Abstract

Depok Merupakan Kota yang berbatasan langsung dengan Ibukota Negara Jakarta.Di ketahui kota Jakarta yang sangat sempit dan sangat mahal lahan perumahan,pilihan masyarakat tentunya kota pinggiran kota Jakarta yakni Depok.Masyarakat dihadapkan pada rasa kekecewaan dalam pengurusan IMB ,mulai dari permasalahan lambat dan ketidak jelasan sampai pada masalah prosedur yang berbelit belit.Keadaan ini ditambah lagi dengan informasi proses yang tidak jelas dan selalu mengambang,akhirnya kepastian selalu tidak ditemukan. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif ,pengumpulan data melalui wawancara ,observasi dan diskusi mendalam dengan informan yang berhubungan langsung dengan proses pelayanan penerbitan IMB, dari seluruh organisasi perangkat daerah Kota Depok yang terlibat dalam proses penerbitan IMB.Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Electronic Government dalam proses penerbitan Izin Mendirkan Bangunan (IMB) di Kota Depok Propinsi Jawa Barat belum di terapkan secara menyeluruh dan dengan sistem yang belum terintegrasi.Kemudian penerapan Electronic Government di dalam unit kerja yang terlibat dalam proses penerbitan IMB juga belum secara menyeluruh dan juga belum maksimal dalam melakukan perbaikan proses kerja (Business Process Reenginering). Aplikasi dan infrastruktur Teknologi Informasi yang dipergunakan dalam proses penerbitan IMB tidak maksimal dalam membantu proses penerbitan IMB. Hasil penelitian ini juga memperlihatkan lemahnya peran dan fungsi organisasi yang bertanggangungjawab dalam penerapan teknologi informasi,lemahnya komitmen dalam penerapan electronic government,sulitnya melakukan integrasi sistem kerja jaringan pelayanan IMB.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Mr Agus Supriyadi Harahap
Date Deposited: 13 Feb 2019 14:48
Last Modified: 22 Feb 2019 04:45
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/2585

Actions (login required)

View Item View Item