KINERJA PEJABAT PENGELOLAAN INFORMASI DAN DOKUMENTASI” DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DI DINAS KOMINFO KOTA TANJUNGBALAI PROVINSI SUMATERA UTARA

Siagian, Arya Muda Nugraha and Effendi, Wiwit Yuhita (2025) KINERJA PEJABAT PENGELOLAAN INFORMASI DAN DOKUMENTASI” DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DI DINAS KOMINFO KOTA TANJUNGBALAI PROVINSI SUMATERA UTARA. Diploma thesis, institut pemperintahan dalam negeri.

[img] Text
32.0061_ARYA SIAGIAN_REPOST.pdf

Download (472kB)

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): Although the Tanjungbalai City Information Documentation and Management Officer (PPID) has been established since 2017, performance in publik information services is still not optimal. Based on data from the Information Commission of North Sumatra Province, Tanjungbalai City's compliance level in publik information disclosure in 2022 only reached 65%, below the provincial average of 72%. In addition, the publik satisfaction survey on publik information services in Tanjungbalai City showed a score of 3.2 out of a scale of 5, indicating that there is room for improvement. Purpose: This research aims to analyze the performance of the Information and Documentation Management Officer (PPID) in improving publik services at the Communication and Informatics Office (Kominfo) of Tanjungbalai City, North Sumatra Province. Method: This research uses Descriptive Qualitative research methods. This method was chosen because the qualitative model provides full flexibility for researchers to change the direction of research in the middle of activities in order to achieve the main objectives of the study. Data collection techniques include interviews, observation, and documentation as well as data triangulation. The main theory used to analyze this topic is Agus Dwiyanto's (2008) performance theory. The informants involved in this research came from 2 (two) groups of informants. Data analysis was carried out through data reduction, data presentation as well as conclusion drawing and verification. The instrument of this research is the author himself. Result: The results of research related to the analysis of PPID performance are analyzed through several dimensions, in the productivity dimension it can be seen that there is already a productive performance within the scope of the Tanjungbalai Regency Communication and Informatics Office, in the dimension of service quality it is still a hybrid, namely services are still carried out manually and some are already electronic, in the responsiveness dimension there are already clear goals and visions, in the responsiveness dimension it has been done quite well with regard to the quick response of employees in providing information needed by the publik, in the accountability dimension the performance has been carried out accountably and can be accounted for. Conclusion: In general, the performance of PPID Tanjungbalai City shows very good results in improving publik information services. Keywords: Performance, PPID, publik service, information disclosure, Kominfo Tanjungbalai ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Meskipun Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Tanjungbalai telah dibentuk sejak tahun 2017, kinerja dalam pelayanan informasi publik masih belum optimal. Berdasarkan data dari Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara, tingkat kepatuhan Kota Tanjungbalai dalam keterbukaan informasi publik pada tahun 2022 hanya mencapai 65%, berada di bawah rata-rata provinsi sebesar 72%. Selain itu, survei kepuasan masyarakat terhadap layanan informasi publik di Kota Tanjungbalai menunjukkan nilai 3,2 dari skala 5, mengindikasikan adanya ruang untuk peningkatan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dalam meningkatkan pelayanan publik di Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Tanjungbalai, Provinsi Sumatera Utara. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif Deskriptif. Dengan pendekatan studi kasus. metode ini dipilih karena model kualitatif memberikan keleluasaan penuh bagi peneliti untuk mengubah arah penelitian ditengah kegiatan demi tercapainya tujuan utama penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi serta triangulasi data. Teori utama yang dipakai untuk menganalisis topik ini adalah Teori kinerja Agus Dwiyanto (2008). Infoman yang dilibatkan dalam penelitian ini berasal dari 2 (dua) kelompok informan. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data dan juga penarikan kesimpulan dan verifikasi. Instrumen penelitian ini adalah penulis sendiri. Hasil/Temuan: hasil penelitian terkait analisis kinerja PPID dianalisis melalui beberapa dimensi, pada dimensi produktivitas terlihat sudah ada kinerja yang produktif dalam lingkup Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanjungbalai, pada dimensi kualitas pelayanan masih hybrid yaitu pelayanan masih dilakukan secara manual dan Sebagian sudah secara elektronik, pada dimensi responsivitas sudah terdapat tujuan serta visi yang jelas, pada dimensi responsibilitas sudah dilakukan dengan cukup baik berkaitan dengan respon cepat pegawai dalam pemberian informasi yang diperlukan oleh publik, pada dimensi akuntabilitas sudah dilakukan kinerja secara akuntabel dan dapat dipertanggung jawabkan. Kesimpulan: Secara umum Kinerja PPID Kota Tanjungbalai menunjukkan hasil yang sangat baik dalam meningkatkan pelayanan informasi publik. Kata Kunci: Kinerja, PPID, pelayanan publik, keterbukaan informasi, Kominfo Tanjungbalai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 17 Jun 2025 01:02
Last Modified: 17 Jun 2025 01:02
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/24349

Actions (login required)

View Item View Item