Ulhaq, Dalilah and Meiyenti, Ira (2025) INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUIAPLIKASI MENGURUS DOKUMEN KEPENDUDUKAN ORA RIBET GRATIS TUR PEKOLEH (API MENOREH) DI KABUPATEN MAGELANG. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
Dalilah Ulhaq_32.0420_Inovasi pelayanan publik melalui aplikasi mengurus dokumen kependudukan ora ribet gratis tur pekoleh di kabupaten magelang (1).pdf Download (581kB) |
Abstract
ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The author focuses on the problem of low community satisfaction index values and also low public awareness of taking care of population documents so as to initiate the government to launch the MENOREH API application. Purpose: The purpose of this study is to find out and understand the innovation of the MENOREH API application at the Population and Civil Registration Office of Magelang Regency Method: This study uses descriptive qualitative methods and analysis using the theory of innovation attributes according to Rogers. Data collection techniques were carried out by interviews, observations and documentation Result: The findings obtained by the author in this study are the novelty found in the implementation of services using the application, services using this application are in line with the goals of the government and also the needs of the community, and there is complexity where this service is website-based. Conclusion: The innovation of public services in managing population documents through the MENOREH API application has not run optimally because there are still obstacles faced that hinder the process of serving population documents such as the lack of a quick response from applicants to revisions of the required documents, and server database errors.. Keywords: Participation; innovation, service, population document ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis berfokus pada permasalahan rendahnya nilai indeks kepuasan masyarakat dan juga rendahnya kesadaran masyarakat akan mengurus dokumen kependudukan sehingga menginisiasi pemerintah untuk meluncurkan aplikasi API MENOREH. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami inovasi aplikasi API MENOREH di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magelang. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan analisis menggunakan teori atribut inovasi menurut Rogers. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu adanya keterbaharuan yang ditemui dlam pelaksanaan pelayanan menggunakan aplikasi tersebut, pelayanan menggunakan aplikasi ini sejalan dengan tujuan pemerintah dan juga kebutuhan masyarakat, dan adanya kerumitan dimana pelayanan ini berbasis website. Kesimpulan: Inovasi pelayanan publik mengurus dokumen kependudukan melalui aplikasi API MENOREH belum berjalan dengan optimal dikarenakan masih terdapat kendala yang dihadapi sehingga menghambat proses pelayanan dokumen kependudukan seperti, kurangnya respon cepat dari pemohon atas revisi dokumen persyaratan, serta server database eror. Kata kunci: Inovasi, pelayanan, dokumen kependudukan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Goverment Management > Local Government Administration |
Depositing User: | Administrasi Pemerintahan Daerah FMP |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 07:59 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 07:59 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/23956 |
Available Versions of this Item
-
INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUIAPLIKASI MENGURUS DOKUMEN KEPENDUDUKAN ORA RIBET GRATIS TUR PEKOLEH (API MENOREH) DI KABUPATEN MAGELANG. (deposited UNSPECIFIED)
- INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUIAPLIKASI MENGURUS DOKUMEN KEPENDUDUKAN ORA RIBET GRATIS TUR PEKOLEH (API MENOREH) DI KABUPATEN MAGELANG. (deposited 03 Jun 2025 07:59) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |