Daniel, Muhammad Hasyim and Suryapuspita, Merintha (2025) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELAYANAN ADUAN MASYARAKAT MELALUI APLIKASI REAKSI ATAS BERITA WARGA DI KOTA SERANG PROVINSI BANTEN. Other thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
|
Text
MUHAMMAD HASYIM DANIEL_32.0583_B2_REPOSITORY FINAL.pdf Download (397kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Aplikasi RAGEM, tempatRABEG terintegrasi, hingga awal tahun 2024 baru diunduh sekitar 1.000 kali di Playstore. Hal ini menjadi anomali mengingat jumlah penduduk Kota Serang pada tahun 2023 sebanyak 723.794 jiwa. Hasil ini tentu tidak sesuai dengan harapan yang di inginkan. Efek dari minimnya penggunaan aplikasi ini juga menjadi salah satu belum 2 maksimalnya indek SPBE Kota Serang yang masih di angka 2,60 dan masih perlu ditingkatkan untuk mencapai pemerintahan yang baik/good governance. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi kebijakan pelayanan aduan masyarakat melalui aplikasi reaksi atas berita warga di Kota Serang Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui proses observasi lapangan, studi dokumen, dan wawancara semi terstruktur. Teori utama yang dipakai untuk menganalisis topik ini adalah Teori implementasi oleh Knill dan Tosun 2020. Infoman yang dilibatkan dalam penelitian ini berjumlah 11 informan. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data dan juga penarikan kesimpulan dan verifikasi. Instrument penelitian ini adalah penulis sendiri. Hasil/Temuan: Hasil penelitian berupa implementasi Kebijakan Pelayanan Aduan Masyarakat Melalui Aplikasi Reaksi Atas Berita Warga Di Kota Serang Provinsi Banten dianalisis dari beberapa dimensi. Pada dimensi pilihan instrument kebijakan sudah berjalan dengan baik dibuktikan dengan ketersediaan sarana dan prasarana, pada dimensi desain kebijakan sudah ada kesatuan Gerak oleh stakeholder terkait, pada dimensi struktur pengawasan masih perlu peningkatan lagi meskipun sudah ada aktor yang berperan dalam mendukung kesuksesan kebijakan, pada dimensi desain kelembagaan sudah dilakukan dengan baik dan kejelasan pembagian tugas, pada dimensi kemampuan administrative sudah dilakukan dengan cukup baik, dan pada dimensi penerimaan social, sudah ada penerimaan social yang baik diantara Masyarakat Kota Serang. Kesimpulan: Hasil penelitian terkait dengan implementasi Kebijakan Pelayanan Aduan Masyarakat Melalui Aplikasi Reaksi Atas Berita Warga Di Kota Serang belum dilakukan dengan optimal mengingat sumber daya manusia yang melaksanakan masih belum kompeten pada bidang teknologi informasi dan juga rendahnya partisipasi Masyarakat. KataKunci:E-Government, Pelayanan Aduan, RABEG.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Kebijakan Pemerintahan FPP |
Date Deposited: | 23 May 2025 01:27 |
Last Modified: | 23 May 2025 01:27 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/22170 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |