Ulfa, Elza Ratria and Marthalina, Marthalina (2025) PENILAIAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL BERBASIS E-KINERJA DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN PURWOREJO PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, IPDN.
|
Text
Elza Ratria Ulfa_32.0431_Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil Berbasis E-Kinerja di Badan Kepegawaian dan pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah.pdf Download (351kB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT Problem Statement : The author focuses on the assessment of civil servant performance, which has a significant impact on employee performance at the BKPSDM of Purworejo Regency. Technological advancements have encouraged the digitalization of employee performance evaluations, as implemented by the BKPSDM of Purworejo Regency through e-Kinerja. Purpose: This study aims to examine and describe the civil servant performance appraisal through e-Kinerja at (BKPSDM) of Purworejo Regency. Method: This research employs Robbins' theory as cited in Sulaksono (2015:124 125), which consists of the dimensions of quality, quantity, timeliness, effectiveness, and independence. The study uses a qualitative research method with a total of seven (7) informants. Data collection techniques include interviews, observations, and documentation. Result: Based on the quality dimension, e-Kinerja encourages increased transparency in employee performance assessment at the Purworejo Regency BKPSDM. Based on the quantity dimension, the e-Kinerja application encourages employees to achieve the targets contained in the employee performance targets. Based on the timeliness dimension, Purworejo Regency BKPSDM employees are on time in filling out the e-Kinerja application, this is due to the time limit in filling out e-Kinerja. Based on the effectiveness dimension, e-Kinerja improves employee performance and the e-Kinerja admin plays a very good role in implementing e-Kinerja. Based on the independence dimension, most employees at the Purworejo Regency BKPSDM can use the e-Kinerja application well and there are only 2 (two) employees who are considered less fluent in operating e-Kinerja. Conclusion: The performance evaluation of civil servants at the BKPSDM of Purworejo Regency through the e-Kinerja is considered quite good based on the dimensions of quality, quantity, timeliness, and effectiveness. However, in terms of the independence dimension, most employees at the Personnel and Human Resources Development Agency of Purworejo Regency are able to use the e-Performance application effectively, with only two employees reported to have limited proficiency in operating the system. Keywords: Employee Performance Appraisal, Civil Servants, e-Kinerja ABSTRAK Permasalahan (Kesenjangan Penelitian): Penulis berfokus pada digitalisasi penilaian kinerja pegawai negeri sipil di BKPSDM Kabupaten Purworejo berbasis e-Kinerja merupakan wujud pemanfaatan tekologi informasi pada bidang pemerintahan. Akan tetapi, digitalisasi tersebut harus diimbangi dengan kemampuan pegawai dalam menggunaan aplikasi e-Kinerja. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penilaian kinerja PNS berbasis e-Kinerja di Badan kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Purworejo. Metode: Penelitian ini menggunakan teori Robbins dalam Sulaksono (2015 :124-125) yang terdiri atas dimensi kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, efektivitas, dan kemandirian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber informan sebanyak 7 (tujuh) orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Berdasarkan dimensi kualitas, e-Kinerja mendorong peningkatan transparansi dalam penilaian kinerja pegawai di BKPSDM kabupaten Purworejo. Berdasarkan dimensi kuantitas, aplikasi e-Kinerja mendorong pegawai untuk mencapat target yang terdapat pada sasaran kinerja pegawai. Berdasarkan dimensi ketepatan waktu, pegawai BKPSDM Kabupaten Purworejo tepat waktu dalam pengisian aplikasi e-Kinerja hal tersebut disebabkan adanya batas waktu dalam pengisian e-Kinerja. Berdasarkan dimensi efektivitas, e-Kinerja meningkatkan kinerja pegawai dan admin e-Kinerja dalam penerapan e-Kinerja berperan sangat baik. Berdasarkan dimensi kemandirian, sebagian besar pegawai di BKPSDM Kabupaten Purworejo bisa menggunakan aplikasi e-Kinerja dengan baik dan hanya terdapat 2 (dua) pegawai yang dinilai kurang lancar dalam mengoperasikan e-Kinerja. Kesimpulan: Penilaian kinerja pegawai negeri sipil di BKPSDM Kabupaten Purworejo melalui e-Kinerja sudah cukup baik berdasarkan dimensi kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, dan efektivitas. Meskipun demikian, berdasarkan dimensi kemandirian, sebagian besar pegawai di Badan Kepegawaian dan pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Purworejo bisa menggunakan aplikasi e-Kinerja dengan baik dan hanya terdapat 2 (dua) pegawai yang dinilai kurang lancar dalam mengoperasikan e-Kinerja. Kata kunci: Penilaian Kinerja Pegawai, Pegawai Negeri Sipil, e-Kinerja
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik FMP |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 00:37 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 00:37 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/21956 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |