Ginting, Theofilus Imanuel Tamasura and GUNTORO, DEDHY (2025) STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI BANDUNG SADAYANA PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA BANDUNG. Other thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.
|
Text
32.0402_Theofilus Imanuel T Ginting_Repository.pdf Download (516kB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT Problem Statement: The absence of the name of the Bandung City Government in the List of Top Commendable Public Service Innovations released by the Ministry of State Apparatus Empowerment (Kemenpan RB). This indicates that the majority of the public feels dissatisfied with the aspects of adequacy, transparency, reliability, comfort, and speed of public services in the city.. Purpose: The purpose of this research is to find out the strategy for improving public services through the Bandung Sadayana application at the Bandung City Communication and Information Service. Method: This research is a qualitative research. Data collection techniques used are interviews, observation, documentation, and triangulation. The research was conducted at the Bandung City Communication and Informatics Office. Result: The findings obtained by the author in this study, namely the strategy for improving public services through the Bandung Sadayana application by the Bandung City Communication and Information Service, show progress in the accessibility and efficiency of digital services such as administration, health, and transportation. Conclusion: Despite facing technical constraints such as data integration and access speed, this application is considered useful, informative, and responsive. Search engines, links, and browser compatibility are continuously optimized. The strategy of Bandung City to achieve Top Public Service Innovation is carried out through routine updates, system optimization, and the use of public feedback for continuous improvement of digital services. Keywords: Applications; Accessibility; Strategy ABSTRAK Permasalahan (Kesenjangan Penelitian): Ketidakhadiran nama Pemerintah Kota Bandung dalam Daftar Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji yang dirilis oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan RB). Hal ini mengindikasikan bahwa masyarakat sebagian besar merasa kurang puas dengan aspek kecukupan, transparansi, keandalan, kenyamanan, dan kecepatan pelayanan publik di kota tersebut. Tujuan: Tujuan pada penelitian untuk mengetahui strategi peningkatan pelayanan publik melalui aplikasi Bandung Sadayana pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Bandung. Metode: Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Penelitian dilaksanakan di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Bandung. Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu strategi peningkatan pelayanan publik melalui aplikasi Bandung Sadayana oleh Dinas Kominfo Kota Bandung menunjukkan kemajuan dalam aksesibilitas dan efisiensi layanan digital seperti administrasi, kesehatan, dan transportasi. Kesimpulan: Meski menghadapi kendala teknis seperti integrasi data dan kecepatan akses, aplikasi ini dinilai berguna, informatif, dan responsif. Mesin telusur, tautan, dan kompatibilitas browser terus dioptimalkan. Strategi Kota Bandung meraih Top Inovasi Pelayanan Publik dilakukan lewat pembaruan rutin, optimalisasi sistem, serta penggunaan umpan balik masyarakat untuk perbaikan layanan digital secara berkelanjutan. Kata Kunci : Aplikasi; Aksesibilitas; Strategi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP |
Date Deposited: | 20 May 2025 03:08 |
Last Modified: | 20 May 2025 03:08 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/21273 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |