EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SISTEM MERIT DALAM PERENCANAAN KEBUTUHAN PEGAWAI DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KOTA DENPASAR PROVINSI BALI

Pandita, Putu Ngurah Dananjaya and Ruhana, Faria (2025) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SISTEM MERIT DALAM PERENCANAAN KEBUTUHAN PEGAWAI DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KOTA DENPASAR PROVINSI BALI. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SISTEM MERIT DALAM PERENCANAAN KEBUTUHAN PEGAWAI DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KOTA DENPASAR PROVINSI BALI.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem statement/background (GAP): The merit system is very important in employee needs planning because it ensures that the process of selection, placement, and development of employees is based on competencies, qualifications, and performance objectively, thereby supporting the creation of professional, integrity, and highly competitive apparatus. Purpose: The research aims to find out and describe how effective the implementation of the merit system in planning employee needs, knowing the obstacles to its implementation, and knowing the efforts made by the Denpasar City BKPSDM in overcoming existing obstacles. Method: This qualitative research uses a descriptive method with an inductive approach. The data collection techniques used are interviews, observations, and documentation. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and conclusion drawn. To determine the effectiveness of the implementation of the merit system in the Denpasar City BKPSDM, the effectiveness measurement theory from Duncan (1973) is used which includes the achievement of goals, integration and adaptation. Results: The results of the study show that the effectiveness of the implementation of the merit system in planning employee needs at the Denpasar City Personnel and Human Resources Development Agency has been implemented and is running well in accordance with the indicators of effectiveness measurement, but not all indicators show maximum results. Conclusion: There are still several obstacles found, namely the lack of interest of employees to take the competency test, budget limitations so that the Assessment Center is not available and there is no functional assessor. Therefore, efforts that can be made are to provide motivation and encouragement to employees, provide Assessment Center facilities and allocate a budget for the implementation of the merit system so that it can run better. Keywords: Effectiveness, Merit System, Civil Servant Planning ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Sistem merit sangat penting dalam perencanaan kebutuhan pegawai karena memastikan proses seleksi, penempatan, dan pengembangan pegawai didasarkan pada kompetensi, kualifikasi, dan kinerja secara objektif, sehingga mendukung terciptanya aparatur yang profesional, berintegritas, dan berdaya saing tinggi. Tujuan: Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana efektivitas pelaksanaan sistem merit dalam perencanaan kebutuhan pegawai, mengetahui hambatan pelaksanaannya, dan mengetahui upaya yang dilakukan oleh BKPSDM Kota Denpasar dalam mengatasi hambatan yang ada. Metode: Penelitian kualitatif ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan sistem merit di BKPSDM Kota Denpasar ini menggunakan teori pengukuran efektivitas dari Duncan (1973) yang meliputi pencapaian tujuan, integrasi dan adaptasi. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelaksanaan sistem merit dalam perencanaan kebutuhan pegawai di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Denpasar sudah terlaksana dan berjalan dengan baik sesuai dengan indikator – indikator pengukuran efektivitas, tetapi belum seluruh indikator menunjukkan hasil yang maksimal. Kesimpulan: Masih ada beberapa kendala yang ditemukan yaitu kurangnya minat pegawai untuk mengikuti uji kompetensi, keterbatasan anggaran sehingga belum tersedianya Assesment Center dan belum adanya tenaga fungsional assesor. Oleh karena itu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan motivasi dan dorongan kepada pegawai, menyediakan sarana Assesment Center dan mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan sistem merit supaya dapat berjalan dengan lebih baik. Kata kunci: Efektivitas, Sistem Merit, Perencanaan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik FMP
Date Deposited: 16 May 2025 03:53
Last Modified: 16 May 2025 03:53
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/20302

Actions (login required)

View Item View Item