PENURUNAN REPRESENTASI ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT PARTAI ACEH PADA PEMILU TAHUN 2019 DI KABUPATEN PIDIE PROVINSI ACEH

Saifullah, Saifullah and Labolo, Muhadam (2024) PENURUNAN REPRESENTASI ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT PARTAI ACEH PADA PEMILU TAHUN 2019 DI KABUPATEN PIDIE PROVINSI ACEH. Other thesis, IPDN.

[img] Text
Repositpry IPDN SKRIPSI.pdf

Download (379kB)

Abstract

Permasalahan (GAP): Penurunan Representasi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Partai Aceh Pada Pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Pidie Provinsi Aceh. Tujuan: untuk menganalisis penyebab penurunan representasi anggota DPRD Partai Aceh di Kabupaten Pidie. Metode: yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara ( 9 informan), observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Keterwakilan Pitkin (1967) yang meliputi empat dimensi: representasi wakil, yang diwakili, substansi perwakilan, dan konteks politik. Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu Penurunan Representasi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Partai Aceh Pada Pemilu Tahun 2019 pada representasi wakil tergolong cukup karena komitmen kerja dinilai kurang optimal, yang diwakili tergolong baik, substansi perwakilan tergolong tidak baik, dan konteks politik juga tergolong tidak baik. Kesimpulan: Penurunan kursi fraksi Partai Aceh di DPRD Pidie pada pemilu 2019-2024 disebabkan oleh janji yang tidak terealisasi, kurangnya komitmen anggota, dan dinamika internal partai yang eksklusif. Meskipun ada peluang dari basis massa eks kombatan dan sejarah politik, tantangan seperti konflik internal dan konservatisme menghambat. Strategi adaptif untuk pemilu 2024 melibatkan penguatan jaringan, rekrutmen caleg berkualitas, dan kampanye media sosial. kata kunci : Keterwakilan, Partai Aceh, Penurunan Representasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JF Political institutions (General)
J Political Science > JQ Political institutions Asia
Divisions: Faculty of Politics and Government > Applied Indonesian Politics
Depositing User: Politik Indonesia Terapan
Date Deposited: 22 Jul 2024 00:28
Last Modified: 22 Jul 2024 00:28
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/19922

Actions (login required)

View Item View Item