KUALITAS WEBSITE LAPALAPA SEBAGAI PUSAT PELAYANAN INFORMASI HARGA PANGAN DI PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Saputra, Renaldy Radya (2024) KUALITAS WEBSITE LAPALAPA SEBAGAI PUSAT PELAYANAN INFORMASI HARGA PANGAN DI PROVINSI SULAWESI TENGGARA. Other thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
REPOSITORY RENALDY FIX.pdf

Download (447kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT (in english) Problem Statement/Background (GAP): The government of Southeast Sulawesi uses the LAPALAPA Website, which functions to assist the Economic Administration Bureau in curbing inflation and serves as a central information hub for food prices in Southeast Sulawesi. However, based on data from the Central Statistics Agency, there has been a spike in inflation caused by frequent price speculations of food items found in traditional markets in Southeast Sulawesi, due to a lack of accurate information about prevailing price trends. Purpose: This study aims to assess the quality of the LAPALAPA Website and identify the hindering factors and the efforts made to address these obstacles. Method: The theory used in this research is the Website service quality according to Alvaro Rocha, which consists of content quality, service quality, and technical quality dimensions. Using a descriptive qualitative approach, data was collected through observation, interviews, and documentation. Result: The results showed that the quality of the LAPALAPA Website is good in terms of content quality, service quality, and technical quality. However, a lack of human resources with IT skills hinders the provision of Website management information. Efforts made include providing training and capacity building for employees responsible for managing the LAPALAPA Website. Conclusion: The conclusion of the research entitled Quality of the LAPALAPA Website as a Food Price Information Service Center in Southeast Sulawesi Province can be said to be of quality by measuring using several dimensions and indicators from Alvaro Rocha's theory . The author suggests providing technical guidance and additional training to staff managing the LAPALAPA Website and regularly evaluating data management and information usage of the LAPALAPA Website. Keywords: Inflation, Website Quality, Public Service. 2 ABSTRAK (in bahasa) Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Pemerintah Sulawesi Tenggara menggunakan Website LAPALAPA yang berfungsi untuk membantu kinerja Biro Administrasi Perekonomian dalam menekan laju inflasi dan pusat informasi harga pangan di Sulawesi Tenggara. Namun berdasarkan data Badan Pusat Statistik terjadi lonjakan Inflasi yang diakibatkan oleh spekulasi harga bahan pangan yang sering terjadi dan ditemukan di pasar tradisional yang ada di Sulawesi Tenggara dikarenakan kurangnya informasi yang akurat tentang perkembangan harga yang berlaku. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas Website LAPALAPA serta faktor penghambat dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat. Metode: Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitas layanan Website menurut Alvaro Rocha yang terdiri dari dimensi kualitas isi, kualitas layanan, dan kualitas teknis, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas Website LAPALAPA sudah baik seperti kualitas isi, kualitas layanan dan kualitas teknis namun faktor kurangnya sumber daya manusia yang memiliki keterampilan IT menjadi faktor penghambat dalam memberikan informasi pengelolaan Website, upaya yang dilakukan yaitu dengan memberikan memberikan pelatihan dan pembekalan kepada karyawan yang bertanggung jawab untuk mengelola Website LAPALAPA. Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian yang berjudul Kualitas Website LAPALAPA Sebagai Pusat Pelayanan Informasi Harga Pangan Di Provinsi Sulawesi Tenggara bisa dikatakan berkualitas dengan diukur menggunakan beberapa dimensi dan indikator dari teori Alvaro Rocha. Penulis menyarankan agar memberikan bimbingan teknis (Bimtek) dan pelatihan tambahan kepada staf yang mengelola situs web LAPALAPA serta evaluasi pengelolaan data dan informasi terhadap penggunaan Website LAPALAPA secara berkala. Kata kunci: Inflasi, Kualitas Website, Layanan Publik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:16
Last Modified: 18 Jul 2024 08:16
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/19917

Actions (login required)

View Item View Item