KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DINAS KOPERASI USAHA KECIL DAN MENENGAH KOTA BENGKULU DALAM MENGELOLA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA BENGKULU

Ramdhan, Qory Fitrah and Dr. H. Devi Irena, SP, M.Si, Dr. H. Devi Irena, SP, M.Si (2024) KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DINAS KOPERASI USAHA KECIL DAN MENENGAH KOTA BENGKULU DALAM MENGELOLA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA BENGKULU. Other thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
Repository Skripsi Qory Fitra Ramadhan.pdf

Download (800kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): This research discusses the performance of the State Civil Apparatus at the Bengkulu City Small and Medium Enterprise Cooperative Service in managing MSMEs in Bengkulu City. The background to this research is that the number of MSMEs fostered by the Bengkulu City Cooperatives and Small and Medium Enterprises Service is only less than 2% of the total number of existing MSMEs. The factor that causes this is the low quality of the State Civil Apparatus in the Bengkulu City Small and Medium Enterprises Cooperative Service so that the services provided to MSMEs are not optimal. If this is not handled immediately, it could hamper the management of MSMEs in Bengkulu City Purpose: This research aims to describe and analyze the performance of the State Civil Service for Small and Medium Enterprise Cooperatives in managing Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Bengkulu City. Method : The method in this research uses a qualitative descriptive method with an inductive approach. Data sources use primary and secondary data. Data collection techniques using interviews, observation, and documentation, as well as data analysis using data reduction, data presentation, and conclusions. Result: The research results show that the performance of the Bengkulu City Small and Medium Enterprises Cooperative Service ASN in managing MSMEs based on existing apparatus performance indicators is quite good in terms of quantity indicators, time indicators, supervision indicators and relationship indicators between employees. However, it is felt that the quality indicators are still not optimal. Conclusion: There are obstacles to the performance of ASN, namely the lack of quality possessed by ASN, which hinders activity programs in developing and managing MSMEs. The efforts made by the Bengkulu City Small and Medium Enterprise Cooperative Service are to improve the quality of ASN through sharing between employees in order to deepen the abilities and skills possessed by ASN. Keywords: State Civil Apparatus, Performance, Micro, Small and Medium Enterprises ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penelitian ini membahas terkait kinerja Aparatur Sipil Negara pada Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Bengkulu dalam mengelola UMKM yang ada di Kota Bengkulu. Latar belakang dari penelitian ini terkait jumlah UMKM yang dibina oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kota Bengkulu hanya sebesar kurang dari 2% saja dari keseluruhan jumlah UMKM yang ada. Faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah kurangnya kualitas Aparatur Sipil Negara yang ada di Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Bengkulu sehingga pelayanan yang diberikan kepada pelaku UMKM tidak Maksimal. Hal tersebut apabila tidak segera ditangani dapat menghambat pengelolaan UMKM di Kota Bengkulu Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai kinerja Aparatur Sipil Negara Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dalam mengelola Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Bengkulu. Metode : Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Sumber data menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja ASN Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Bengkulu dalam mengelola UMKM berdasarkan indikator kinerja aparatur yang ada sudah cukup baik dalam indikator kuantitas, indikator waktu, indikator pengawasan, dan indikator hubungan antar karyawan. Namun, pada indikotor kualitas dirasa masih belum maksimal. Kesimpulan: Terdapat hambatan pada kinerja ASN yaitu kurangnya kualitas yang dimiliki ASN sehingga menghambat program kegiatan dalam pembinaan dan pengelolaab UMKM. Upaya yang dilakukan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Bengkulu adalah Meningkatkan kualitas ASN melalui sharing antar pegawai guna memperdalam kemampuan dan keterampilan.yang dimiliki ASN. Kata Kunci : Aparatur Sipil Negara, Kinerja, Usaha Mikro kecil dan Menengah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik FMP
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:57
Last Modified: 15 Jul 2024 03:57
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/19749

Actions (login required)

View Item View Item