STRATEGI PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PRODUK KONSUMSI DAN NON KONSUMSI DI ERA DIGITAL OLEH DINAS KOPERASI, UKM DAN TENAGA KERJA KABUPATEN LAMPUNG UTARA PROVINSI LAMPUNG

Mu'arif, Akhmad Fadhil (2024) STRATEGI PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PRODUK KONSUMSI DAN NON KONSUMSI DI ERA DIGITAL OLEH DINAS KOPERASI, UKM DAN TENAGA KERJA KABUPATEN LAMPUNG UTARA PROVINSI LAMPUNG. Other thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
Repository Fadhil.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): Coffee, Chips and Tapis businesses are leading businesses in North Lampung Regency that must be considered in facing the onslaught of the digital era and require a digital environment support that is important for MSMEs in order to compete and be able to market their products so that they can penetrate a wider market. The lack of digital environment support and sluggish investment due to low security in the Lampung Regency environment are obstacles that reduce the encouragement and willingness of Lampung Regency MSMEs to become digital MSMEs Purpose: This study aims to determine the strategies carried out by the North Lampung Regency SME and Manpower Cooperative Office to overcome and encourage the Lampung Regency Coffee, Chips and Tapis Business in the Digitalization era. In this study. Method: the authors used the Descriptive Qualitative method with interviews as the primary data source and triangulated the data with secondary sources in the form of documents, records, and other supporters Result: Many factors and the main ones are the low level of regional security, the absence of raw material production in the Regency and the mindset of people who do not understand the principles of the digital economy and the high cost of production raw materials to be marketed digitally are obstacles to the digitalization of MSMEs, especially in the leading sectors. Conclusion: As for internal obstacles, namely incomplete MSME data so that data analysis as policy material is still one of the serious obstacles. The digitalization of MSMEs in North Lampung Regency has not gone well and the strategy carried out by the North Lampung Regency SME Cooperative and Manpower Office is still in the stage of increasing the technical competence of MSME actors' production Keywords: Digitalization; Micro, Small and Medium Enterprises; Empowerment Strategy ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Usaha Kopi, Keripik dan Tapis merupakan Usaha unggulan di Kabupaten Lampung Utara yang harus diperhatikan dalam menghadapi gempuran era digital dan membutuhkan suatu dukungan lingkungan digital yang penting bagi UMKM agar dapat bersaing dan dapat memasarkan produk yang mereka miliki sehingga dapat menembus pasar yang lebih luas. Belum adanya dukungan lingkungan digital dan lesunya investasi karena keamanan yang rendah dilingkungan Kabupaten Lampung menjadi penghambat sehingga mengurangi dorongan dan 2 kemauan UMKM Kabupaten Lampung untuk menjadi UMKM digital. Tujuan: . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Lampung Utara untuk mengatasi dan mendorong Usaha Kopi, Keripik dan Tapis Kabupaten lampung diera Digitalisasi. Metode: Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode Kualitatif Deskriptif dengan wawancara sebagai sumber data primer dan ditringangulasi data dengan sumber sekunder berupa dokumen, catatan, dan pendukung lainnya. Hasil/Temuan: Banyak faktor dan yang utama adalah tingkat keamanan wilayah yang rendah, belum adanya produksi bahan baku dalam Kabupaten dan pola pikir masyarakat yang belum memahami prinsip ekonomi digital serta mahalnya bahan baku produksi untuk dapat dipasarkan secara digital menjadi penghambat digitalisasi UMKM terutama pada sektor unggulan. Adapun hambatan dari internal yakni data UMKM yang belum lengkap sehingga analisa data sebagai bahan kebijakan masih menjadi salah satu hambatan yang cukup serius. Kesimpulan: Digitalisasi UMKM di Kabupaten Lampung Utara belum berjalan dengan baik dan strategi yang dijalankan oleh Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Lampung Utara masih dalam tahap peningkatan kompetensi teknis produksi pelaku UMKM Kata kunci: Digitalisasi; UMKM, Strategi Pemberdayaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Politics and Government > Community Economic and Rural Development
Depositing User: Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat FPP
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:43
Last Modified: 15 Jul 2024 02:43
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/19711

Actions (login required)

View Item View Item