EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DALAM PELAYANAN PENERBITAN KTP-el DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN HALMAHERA BARAT PROVINSI MALUKU UTARA

Al Alam, Gagah Pria and Basir, Hestiwati (2024) EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DALAM PELAYANAN PENERBITAN KTP-el DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN HALMAHERA BARAT PROVINSI MALUKU UTARA. Other thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DALAM PELAYANAN PENERBITAN KTP-el DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN HALMAHERA BARAT PROVINSI MALUKU UTARA.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The population data visualization on https://gis.dukcapil.kemendagri.go.id shows that 75,928 out of 102,461 residents of Halmahera Barat Regency have recorded their electronic ID cards (KTP-el). This means that the number of KTP-el recordings in Halmahera Barat Regency has reached 74%. However, the target achievement of 99.2% has not yet been met. Purpose: The objective of this research is to determine the effectiveness of the Population Administration Information System (SIAK) in Halmahera Barat, the factors that hinder SIAK services, and the efforts made by the Department of Population and Civil Registration of Halmahera Barat Regency to overcome these obstacles. Method: This research employs a qualitative descriptive method and analyzes the obtained data to understand, explain, and identify the effectiveness of SIAK in Halmahera Barat Regency. Result: The findings obtained by the author in this research are that the number of unemployed is still high, job seekers want to find and get more decent work, the jobs available are mostly unskilled labor, namely in the agricultural sector. Conclusion: Overall, the population administration information system in West Halmahera Regency has made a positive contribution to the quality of public services and population data management. However, to achieve maximum effectiveness, continuous improvements in technology and staff training are needed. Keyword: Effectiveness, SIAK, e-KTP. ABSTRAK Permasalahan (GAP): Visualisasi data kependudukan di https://gis.dukcapil.kemendagri.go.id, 75.928 orang dari 102.461 warga Kabupaten Halmahera Barat telah melakukan perekaman KTP el. Dihitung, jumlah perekaman KTP-el di Kabupaten Halmahera Barat telah mencapai 74%. Namun, pencapaian target sebesar 99,2% masih belum tercapai. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Halmahera Barat dan faktor yang menghambat layanan SIAK serta bagaimana upaya dari Dinas Kependudukan Dan Pencatatan SIpil Kabupaten Halmahera Barat untuk mengatasi hambatan yang ada. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menganalisis data data yang didapat untuk memahami, menjelaskan, dan mengidentifikasi efektivitas SIAK di Kabupaten Halmahera Barat. Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu pengunaan SIAK untuk pelayanan penerbitan belum mencapai target yang telah di tetapkan. Kesimpulan: Secara keseluruhan, sistem informasi administrasi kependudukan di Kabupaten Halmahera Barat telah memberikan kontribusi positif terhadap kualitas layanan publik dan pengelolaan data kependudukan. Namun, untuk mencapai efektivitas maksimal, perlu adanya perbaikan berkelanjutan dalam hal teknologi dan pelatihan staf. Kata Kunci: Efefktivitas, SIAK, KTP-el.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 12 Jul 2024 09:42
Last Modified: 12 Jul 2024 09:42
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/19603

Actions (login required)

View Item View Item