IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MAL PELAYANAN PUBLIK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH PROVINSI LAMPUNG

WIJAYA, MUHAMMAD YUSAFAR MAHFUD and Rowa, M.Si, Prof. Dr. Drs. Hyronimus (2024) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MAL PELAYANAN PUBLIK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH PROVINSI LAMPUNG. Other thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
yusafar.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): Public services in Central Lampung Regency have faced many issues recently. The quality of service, particularly in terms of timeliness, has not yet met the expected standards, and the number of services, both licensing and non-licensing, in Central Lampung Regency has significantly declined. Purpose: This study aims to describe the implementation of the Public Service Mall policy, analyze the supporting and inhibiting factors of the Public Service Mall, and analyze the efforts made to improve the quality of public services at the Public Service Mall in Central Lampung Regency. Method: This research uses a qualitative descriptive method with an inductive approach. Data collection techniques include interviews, observations, and documentation. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and drawing and verifying conclusions. Result: The results of this study indicate that the implementation of the Public Service Mall by the Investment and One-Stop Integrated Services Agency (DPMPTSP) of Central Lampung Regency has noted issues related to budget constraints and the absence of regulations underlying the provision of additional incentives, so the employees at DPMPTSP Central Lampung Regency do not receive additional incentive funds. Conclusion: However, overall, the implementation of the Public Service Mall in Central Lampung Regency is considered to be running well. The inhibiting factors include the Public Service Mall's service system not being fully integrated, limited space at the Public Service Mall in Central Lampung Regency, and some OPDs/Agencies not providing services every day. Keywords: Policy Implementation, Public Service Mall, Service Quality ABSTRAK Permasalahan (GAP): Pelayanan publik di Kabupaten Lampung Tengah telah mengalami banyak permasalahan dalam beberapa waktu terakhir yaitu kualitas pelayanan dalam hal kecepatan waktu masih belum mencapai standar yang diharapkan, serta jumlah pelayanan baik perizinan maupun non-perizinan di Kabupaten Lampung Tengah mengalami penurunan yang signifikan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan implementasi kebijakan Mal Pelayanan Publik, menganalisis faktor pendukung dan penghambat pada Mal Pelayanan Publik, serta menganalisis upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Lampung Tengah. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil/Temuan: Hasil Dari Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Mal Pelayanan Publik yang dijalankan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Lampung Tengah terdapat catatan terkait dengan keterbatasan anggaran 2 serta ketiadaan peraturan yang mendasari pemberian insentif tambahan, sehingga para pegawai di DPMPTSP Kabupaten Lampung Tengah tidak mendapatkan dana insentif tambahan. Kesimpulan: Secara umum Implementasi Mal Pelayanan Publik Kabupaten Lampung Tengah dinilai berjalan dengan baik. Adapun faktor penghambat adalah Sistem Pelayanan di Mal Pelayanan Publik yang Belum Sepenuhnya Terintegrasi, Keterbatasan tempat di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Lampung Tengah, Terdapat beberapa OPD/Instansi yang tidak menyediakan layanan Setiap Hari. Kata kunci: Implementasi Kebijakan, Mal Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Kebijakan Pemerintahan FPP
Date Deposited: 05 Jul 2024 06:38
Last Modified: 05 Jul 2024 06:38
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/19309

Actions (login required)

View Item View Item