PENERAPAN INTEGRASI LAYANAN PEMERINTAH MELALUI PORTAL MAL PELAYANAN PUBLIK (MPP) DIGITAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN CITIZEN-CENTRIC GOVERNMENT SERVICES DI KABUPATEN MURUNG RAYA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Fiqry, Haikal Kembara and Rina, Wahyuni (2024) PENERAPAN INTEGRASI LAYANAN PEMERINTAH MELALUI PORTAL MAL PELAYANAN PUBLIK (MPP) DIGITAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN CITIZEN-CENTRIC GOVERNMENT SERVICES DI KABUPATEN MURUNG RAYA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. Diploma thesis, Insitut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
repositori final.pdf

Download (527kB) | Preview

Abstract

Problem Statement/background (GAP): In the era of globalization, the use of information technology has become a necessity and has been widely felt by all people in all circle. This encourages the government to innovate in providing services to community, especially in integrating services digitaly. Mal Pelayanan Publik (MPP) Digital is a government innovation in providing more effective and efficien public services for the community. Purpose: This research aims to see the readiness fo Murung Raya Regency government in implementing MPP Digital. Method: This research uses qualitative methold through data collection with interviews, observation, and documentation using Citizen-Centric Government Services theory. Result: The results obtained from this study indicate that the assessment of digital public service integration through the Mal Pelayanan Publik (MPP) Digital portal still cannot be implemented. Conclusion: The development of the digital MPP portal in Murung Raya Regency has not yet been implemented in Murung Raya Regency due to the lack of human resources, digital infrastructure and the absence of regulations governing the Digital Public Service Mall. Keywords: services integration, MPP Digital, Citizen-Centric Permasalahan (GAP): Era globalisasi penggunaan teknologi informasi sudah menjadi keharusan dan sudah banyak dirasakan oleh seluruh masyarakat di semua kalangan. Hal ini mendorong pemerintah untuk berinovasi dalam memberikan pelayananya kepada masyarakat terutama dalam mengintegrasikan layanan secara digital. Mal Pelayanan Publik (MPP) Digital merupakan inovasi pemerintah dalam memberikan pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien bagi masyarakat. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesiapan pemerintah Kabupaten Murung Raya dalam penerapan MPP digital. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi menggunakan teori Citizen-Centric Government Services. Hasil: Hasil yang didapatkan dari penelitian ini bahwa penerapan integrasi layanan publik digital melalui portal Mal Pelayanan Publik (MPP) digital masih belum bisa diterapkan. Kesimpulan: pembangunan portal MPP digital di Kabupaten Murung Raya belum bisa terapkan di Kabupaten Murung Raya dikarenakan masih kurangnya sumber daya manusia, infrastruktur digital dan belum adanya regulasi yang mengatur tentang Mal Pelayanan Publik Digital. Kata Kunci: Integrasi layanan, MPP digital, Citizen-Centric

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 14 Jun 2024 03:47
Last Modified: 14 Jun 2024 03:47
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/18713

Actions (login required)

View Item View Item