PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PROMOSI PARIWISATA MELALUI MEDIA SOSIAL DI DINAS PARIWISATA KABUPATEN NGADA (STUDI DI DESA LENGKOSAMBI UTARA)

MANDALA, DIANA ROMAULI TANGGO LEDENG (2024) PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PROMOSI PARIWISATA MELALUI MEDIA SOSIAL DI DINAS PARIWISATA KABUPATEN NGADA (STUDI DI DESA LENGKOSAMBI UTARA). Other thesis, IPDN.

[img] Text
DIANA REPOSITORY.pdf

Download (619kB)

Abstract

Problem Statement/Background (GAP): The author focuses on the problem of Low work motivation of Civil Servants in South Timor Tengah Regency when carrying out their work. Purpose: This study aims to know how to implement the policy of providing additional employee income to increase the work motivation of civil servants in Timor Tengah Selatan Regency. Method: This study uses qualitative descriptive methods and analysis of policy implementation according to Edwards III and motivation according to Maslow. Data collection techniques were carried out using observation, documentation, in-depth interviews (14 informants), and data triangulation. Result: The findings obtained by the author in this research are that the implementation of the policy of providing additional income for employees in Timor Tengah Selatan Regency has not gone well due to several inhibiting factors and the efforts made by the government to overcome factors inhibiting policy implementation. Conclusion: shows that there are efforts that have been made by the local government, especially from the Tourism Office to promote tourism, but over time the use of information technology has not been seen optimally, so there is still a need for an increase in human resources, infrastructure, and budget. Keywords: Tourism; Utilization ; Information Technology Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Peneliti berfokus pada permasalahan pemanfaatan teknologi informasi terutama media sosial dalam hal peningkatan promosi pariwisata di Kabupaten Ngada. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor serta upaya yang dapat dilakukan oleh pemerintah daerah untuk menghadapi era zaman sekarang dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam membantu mempromosikan potensi daerah khususnya bidang pariwisata yang menjadi unggulan dari Kabupaten Ngada. Metode: Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan menggunakan teori e-government Indrajit, yang mencakup 3 Dimensi yaitu supporrt, capacity, dan value. Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh Peneliti dalam penelitian ini yaitu maish ditemukan beberapa kendala seperti masih kurangnya infrastruktur jaringan yang mencukupi untuk daerah yang memiliki tempat wisata, masih kurangnya sumber daya manusia yang mengoperasikannya, dan yang ketiga adalah anggaran. Kesimpulan: menunjukan adanya upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah terlebih lagi dari Dinas Pariwisata untuk mempromosikan pariwisata namun dalam sejalannya waktu pemanfaatan teknologi informasi tersebut belum terlihat maksimal, sehingga tetap perlu adanya penngkatan baik itu dari SDM, infrstruktur, dan juga anggaran. Kata kunci: Pariwisata; Pemanfaatan ; Teknologi Informasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 11 Jun 2024 06:29
Last Modified: 11 Jun 2024 06:29
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/18459

Actions (login required)

View Item View Item