Murib, Kamison and Aser, M.Si, Drs. Florianus (2024) KUALITAS PELAYANAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PUNCAK JAYA PROVINSI PAPUA TENGAH. Other thesis, IPDN.
|
Text
kamison.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT Problem/Background (GAP): Public service is a very basic thing for government agencies as public servants who have an obligation and responsibility to provide good and professional service. Purpose: To describe and analyze the quality of the implementation of Digital Population Identity in Puncak Jaya Regency. Method: With qualitative research methods, triangulation techniques are used in data collection, so regarding the validity of the data, cross-checking will be carried out using the same source but with different methods. Results/Findings: The results of the study show that the completeness of facilities and infrastructure in the service process, especially IKD, according to the researcher, is still not good due to the lack of availability of seats in the waiting room which is inadequate so that when many applicants who come to make an E�KTP have to wait for a long time and do not get a place to sit. Conclusion: The service standards are clear and in providing services are in accordance with existing regulations. The innovations at the Population and Civil Registration Office of Puncak Jaya Regency have been enough to help the community in the implementation of services. Keywords: Services, E-KTP, Innovation ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Pelayanan publik merupakan suatu hal yang sangat mendasar bagi instansi pemerintahan sebagai pelayan masyarakat yang mempunyai kewajiban dan bertanggungjawab untuk memberi pelayanan yang baik dan secara profesional. Tujuan: Untuk menggambarkan dan menganalisis tentang bagaimana kualitas pelaksanan Identitas Kependudukan Digital di Kabupaten Puncak Jaya. Metode: Dengan metode penelitian kualitatif, digunakan triangulasi teknik dalam pengumpulan data, maka terkait keabsahan data akan dilakukan cara ricek cross cek dengan sumber yang sama namun metode yang berbeda. Hasil/Temuan: Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Kelengkapan sarana dan prasarana dalam proses pelayanan khusunya IKD menurut peneliti bahwa dalam indikator ini masih kurang baik dikarenakan kurangnya ketersediaan kursi di ruang tunggu yang belum memadai sehingga disaat banyak pemohon yang datang ingin membuat E-KTP harus menunggu lama dan tidak mendapatkan tempat untuk duduk. Kesimpulan: Dalam standar pelayanan sudah jelas dan dalam memberikan pelayanan sudah sesuai dengan peraturan yang ada. Inovasi yang ada di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Puncak Jaya sudah cukup membantu masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan Kata kunci: Pelayanan , E-KTP, Inovasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 01:36 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 01:36 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/18371 |
Actions (login required)
View Item |