Muhammad, Bima Liando and Karno, Karno (2024) STRATEGI DISEMINASI PENINGKATAN PELAYANAN INFORMASI MASYARAKAT MELALUI WEBSITE PALEMBANG.GO.ID DI KOTA PALEMBANG PROVINSI SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, IPDN.
|
Text
REPOSITORY Bima Sumsel.pdf Download (553kB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT Problem Statment/Background (GAP): The demand for public information transparency has significantly impacted the government. Technology has eliminated barriers of distance and space, making electronic systems or digitalization of services essential to ensure the quality of public services. The dissemination of information via the website palembang.go.id to improve public information services is the main focus of this research.Purpose: The objective of this study is to understand the implementation of the dissemination strategies by the Department of Communication and Informatics in improving public information services through the website palembang.go.id. Methods: This research employs a qualitative method with a descriptive approach and an inductive methodology. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. Results: The four main strategies used are: The S-O Strategy, which focuses on enhancing collaboration with local businesses and developing a mobile application integrated with the website palembang.go.id. The W-O Strategy, which aims to identify areas that require content updates or improvements, such as articles, infographics, videos, and other multimedia materials. The S-T Strategy, which emphasizes variety in layout, design, and visual elements on the website menu to increase user interest and engagement, by including more high-quality photos, informative videos, and other multimedia elements. The W-T Strategy, which involves initiatives like discussion forums, polls, quizzes, and live Q&A sessions to encourage active user participation, along with regular updates to the web security system. Conclusion: Based on the research on dissemination strategies for the website palembang.go.id to optimize public information services through in-depth interviews and observations, it is concluded that the website focuses on service and communication with the public. The main goal of the Palembang City Department of Communication and Informatics is the optimization of information services. However, there are several challenges, such as unappealing visual design, technical errors, limited user interaction, and infrequent content updates. To address these issues, the strategies implemented include enhancing collaboration with local businesses, developing a mobile application, updating content, varying visual design, integrating multimedia elements, creating interactive forums, and regularly updating the web security system. Keywords: Transparency, Digitalization, Dissemination, Service ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Tuntutan atas keterbukaan informasi untuk publik sudah memberi dampak yang lumayan signifikan kepada pemerintah,teknologi yang menyebabkan tidak adanya lagi jarak dan ruang yang wajib dilewati menjadikan sistem elektronik atau digitalisasi layanan sangat diperlukan demi menjamin kualitas pelayanan kepada msayarakat,Pelaksanaan diseminasi terkait website palembang.go.id dalam meningkatkan pelayanan informasi kepada masyarakat menjadi fokus permasalahan dalam penelitian. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan strategi diseminasi diskominfo dalam meningkatkan pelayanan informasi kepada Masyarakat melalui website Palembang.go.id Metode: Dalam metode penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil/Temuan: empat strategi utama yang digunakan Strategi S-O, yang fokus pada peningkatan kerjasama dengan bisnis lokal dan pengembangan aplikasi seluler terintegrasi dengan website palembang.go.id.Strategi W- O, yang berupaya mengidentifikasi area-area yang memerlukan pembaruan atau peningkatan konten, seperti artikel, infografis, video, dan materi multimedia lainnya.Strategi S-T,yang menekankan variasi dalam tata letak, desain, dan elemen visual pada menu website untuk meningkatkan ketertarikan dan keterlibatan pengguna, dengan menyertakan lebih banyak foto berkualitas tinggi, video informatif, dan elemen multimedia lainnya.Strategi W-T, yang melibatkan inisiatif seperti forum diskusi, polling, kuis, dan sesi tanya jawab langsung untuk mendorong partisipasi aktif pengguna, serta melakukan pembaruan rutin dalam sistem keamanan web. Kesimpulan: Berdasarkan hasil riset mengenai strategi diseminasi website palembang.go.id dalam mengoptimalkan layanan informasi kepada publik melalui wawancara dan pengamatan mendalam, disimpulkan bahwa penyelenggaraan website ini berfokus pada pelayanan dan komunikasi dengan masyarakat, dengan target utama dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang adalah optimalisasi pelayanan informasi. Namun, terdapat beberapa kendala seperti desain visual yang kurang menarik, kesalahan teknis, keterbatasan interaksi pengguna, serta kurangnya pembaruan konten. Untuk mengatasi kendala ini, strategi yang diterapkan mencakup peningkatan kerjasama dengan bisnis lokal, pengembangan aplikasi seluler, pembaruan konten, variasi desain visual, integrasi elemen multimedia, pembuatan forum interaktif, serta pembaruan rutin sistem keamanan web. Kata kunci: Keterbukaan, Digitalisasi, Diseminasi, Pelayanan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 06:57 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 06:57 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/18132 |
Actions (login required)
View Item |