Pengembangan Home Industry Kerajinan Rotan Oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah (Studi di Kecamatan Palu Utara)

Raihan, Qubays and Dr. Ir. Abdul Halim, M. P., Halim Pengembangan Home Industry Kerajinan Rotan Oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah (Studi di Kecamatan Palu Utara). Pengembangan Home Industry Kerajinan Rotan Oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah (Studi di Kecamatan Palu Utara).

[img] Text
Repository Skripsi Raihan Qubays.pdf

Download (688kB)

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis berfokus pada permasalahan Kecamatan Palu Utara yang merupakan salah satu kecamatan di Kota Palu yang memiliki wilayah dengan sumberdaya daya alam berupa rotan yang berlimpah, tetapi belum dimanfaatkan dengan baik. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan usaha home industry kerajinan rotan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palu di Kecamatan Palu Utara. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan induktif menurut Teori Creswel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam (14 informan), dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu dalam pelaksanaan pengembangan usaha home industry kerajinan rotan di Kecamatan Palu Utara sudah berjalan dengan baik sesuai dengan tiga dimensi pengembangan, yaitu pendanaan dengan memberikan bantuan berupa peralatan yang dibutuhkan, pembinaan melaui program pelatihan sebanyak dua kali dalam setahun, dan manajerial dengan cara menetapkan standar operasional produk yang dihasilkan. Kesimpulan: Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palu telah melaksanakan program pelatihan dan pembinaan serta bimbingan teknis yang tepat sebagai upaya dalam mendorong pengembangan usaha home industry kerajinan rotan yang ada di Kecamatan Palu Utara. Disarankan agar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palu dapat terus memberikan sosialisasi dan menarik minat para perajin rotan agar mau memanfaatkan hasil rotan yang melimpah. Karena jumlah perajin rotan masih sedikit, belum sebanding dengan hasil rotan yang tersedia. Kata kunci: home industry, kerajinan rotan, pengembangan, pelatihan

Item Type: Article
Depositing User: Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat FPP
Date Deposited: 06 Jun 2024 02:12
Last Modified: 06 Jun 2024 02:12
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/17910

Actions (login required)

View Item View Item