INOVASI PELAYANAN JEMPUT BOLA TERPADU SIDOARJO YANG GEMILANG (JEBETE SAYANG) PADA KEPEMILIKAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL DI KABUPATEN SIDOARJO PROVINSI JAWA TIMUR

Irfansyah, Yusril Iqbal and Rusfiana, Yudi (2024) INOVASI PELAYANAN JEMPUT BOLA TERPADU SIDOARJO YANG GEMILANG (JEBETE SAYANG) PADA KEPEMILIKAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL DI KABUPATEN SIDOARJO PROVINSI JAWA TIMUR. Other thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
INOVASI PELAYANAN JEMPUT BOLA TERPADU SIDOARJO YANG GEMILANG (JEBETE SAYANG) PADA KEPEMILIKAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL DI KABUPATEN SIDOARJO PROVINSI JAWA TIMUR.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): This research is motivated by the low ownership of Digital Population Identity in Sidoarjo Regency, this is due to the lack of care and lack of public knowledge about the importance of IKD so that people are reluctant to take care of it. People think that IKD ownership requires confusing procedures, long queues, and long travel access. Purpose: This study aims to analyze the Sidoarjo Integrated Jemput Bola Service Innovation that is Gemilang (Jebete Sayang) on ownership of Digital Population Identity in Sidoarjo Regency. Method: The research method used is a qualitative descriptive researchmethod with an inductive research approach. Result: Based on research conducted by author, the ownership of Digital Population Identity with the Sidoarjo Integrated Ball Pickup Service Innovation that is Gemilang (Jebete Sayang) has been implemented well but has not run optimally because several obstacles are still found..Conclusion: Of the five indicators of innovation, namely Relative Advantage, Compatibility, Complexity, Triability, and Observability, there is one indicator that has not been achieved, namely Triability. Judging from the results of the analysis of the problems from the Likely to be Tried indicator is the lack of socialization evenly to all levels of society about Digital Population Identity and the lack of introduction to the Sidoarjo Gemilang Integrated Jemput Bola Service (Jebete Sayang). Keywords: Innovation, Service, Digital Population Identity ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kepemilikan Identitas Kependudukan Digital di Kabupaten Sidoarjo hal ini disebabkan sikap kurang peduli dan minimnya pengetahuan masyarakat akan pentingnya IKD sehingga masyarakat enggan untuk mengurus. Masyarakat menganggap kepemilikan IKD membutuhkan prosedur yang membingungkan, antrian yang panjang, dan akses tempuh yang jauh. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Inovasi Pelayanan Jemput Bola Terpadu Sidoarjo yang Gemilang (Jebete Sayang) pada kepemilikan Identitas Kependudukan Digital di Kabupaten Sidoarjo. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian induktif. Hasil/Temuan: Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti, kepemilikan Identitas Kependudukan Digital dengan Inovasi Pelayanan Jemput Bola Terpadu Sidoarjo yang Gemilang (Jebete Sayang) ini sudahterlaksana dengan baik namun belum berjalan maksimal karena masih ditemukan beberapa hambatan. Kesimpulan: Dari lima indikator inovasi yaitu Keuntungan Relatif, Kesesuaian, Kerumitan, Kemungkinan Dicoba, dan Kemudahan Diamati terdapat satu indikator yang belum tercapai yaitu Kemungkinan Dicoba. Dilihat dari hasil analisis permasalahan dari indikator Kemungkinan Dicoba adalah Kurangnya sosialisasi secara merata ke seluruh lapisan masyarakat tentang Identitas Kependudukan Digital serta kurangnya pengenalan akan Pelayanan Jemput Bola Terpadu Sidoarjo yang Gemilang (Jebete Sayang). Kata Kunci: Inovasi, Pelayanan, Identitas Kependudukan Digital

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 05 Jun 2024 08:27
Last Modified: 05 Jun 2024 08:27
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/17846

Actions (login required)

View Item View Item