PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PEMERINTAH KOTA BALIKPAPAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN INFORMASI KOTA BALIKPAPAN

Azizah, Umi (2024) PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PEMERINTAH KOTA BALIKPAPAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN INFORMASI KOTA BALIKPAPAN. Other thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
REPOSITORY_31.0665_UMI AZIZAH.pdf

Download (655kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penggunaan media sosial sebagai media informasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik melalui media sosial instagram yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Balikpapan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan media sosial instagram Pemerintah Kota Balikpapan oleh Dinas Kominfo Kota Balikpapan, dan mengetahui upaya apa saja yang dilakukan dalam meningkatkan pelayanan informasi publik kepada masyarakat Kota Balikpapan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian diverifikasi keakuratannya menggunakan teknik triangulasi sumber. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teknik analisis data interactive model dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyampaian informasi publik melalui media sosial yang dikelola oleh Diskominfo Kota Balikpapan sudah berjalan dengan efektif dan dinilai sudah sesuai dengan standar pelayanan yang baik dari segi komunikasi dengan masyarakat yang dapat dilihat dari respon pemerintah terhadap masyarakat di dalam kolom komentar instagram. Terdapat beberapa upaya yang dilakukan Diskominfo Kota Balikpapan dalam proses penyebaran informasi melalui media sosial instagram @Pemkot_Balikpapan, yaitu dengan membuat konsep yang pertama,perencanaan yaitu pemilihan dari stretegi komunikasi pemasaran berita, menentukan audiensi yang akan menjadi sasaran untuk menerima informasi dan kualitas konten yang akan di publkasi. Kedua pengawasan, yaitu membuat konten yang menarik aundiensi untuk membaca atau melihat informasi dari media sosial instagram tersebut dan membuat konten sesuai dengan keadaan yang sedang viral terjadi di masyarakat dan ketiga optimalisasi, yaitu mengevaluasi konten yang akan diupload setelah melalui proses sebelumnya. Kata Kunci: informasi publik, kualitas pelayanan, pengelolaan media sosial ABSTRACT The use of social media as an information medium in improving the quality of public information services through Instagram social media which is managed by the Balikpapan City Communication and Information Service. This research aims to find out the management of social media instagram of Balikpapan City Government by the Department of Communication and Information of Balikpapan City, and to find out what efforts are made in improving public information services to the people of Balikpapan City. This research is qualitative research with descriptive approach. The data sources used are primary data and secondary data collected through interview, observation, and documentation. The data that has been collected is then verified for accuracy using source triangulation technique. Furthermore, the data was analyzed using the interactive model data analysis technique from Miles and Huberman. The results of the research show that the delivery of public information via social media managed by the Balikpapan City Diskominfo has been running effectively and is considered to be in accordance with good service standards in terms of communication with the public which can be seen from the government's response to the public in the Instagram comments column.There are several efforts made by the Balikpapan City Diskominfo in the process of disseminating information via social media Instagram @Pemkot_Balikpapan, namely by creating a concept from the start, planning, namely selecting a news marketing communication strategy, determining the target audience to receive information and the quality of the content that will be published. Second, monitoring, namely creating content that attracts the audience to read or view information from Instagram social media and creating content according to situations that are currently viral in society and third, optimization, namely evaluating the content that will be uploaded after going through the process. previous process. Keywords: public information, service quality, social media management

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 04 Jun 2024 05:44
Last Modified: 04 Jun 2024 05:44
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/17613

Actions (login required)

View Item View Item