ANALISIS INOVASI PENERAPAN APLIKASI AMBON ACCESS DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KOMUNIKASI INFORMASI DAN PERSANDIAN KOTA AMBON

Saimima, Siti Hasna and Zahrati, Wenty (2024) ANALISIS INOVASI PENERAPAN APLIKASI AMBON ACCESS DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KOMUNIKASI INFORMASI DAN PERSANDIAN KOTA AMBON. ANALISIS INOVASI PENERAPAN APLIKASI AMBON ACCESS DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KOMUNIKASI INFORMASI DAN PERSANDIAN KOTA AMBON.

[img]
Preview
Text
Repository_Sitna1_31.0983.pdf

Download (857kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The Ambon City Government understands the necessity of increasing the quality of public services provided to the people. The Ambon City Department of Communication and Information Technology (Diskominfo) has launched Ambon Access in response to the advancement of information technology. This digital platform will allow the Ambon community to conveniently and swiftly access information and public services. Purpose: The aim of this study was to investigate how public service innovations are implemented using the Ambon Access Application, as well as the supporting and limiting variables in their adoption.Method: In this study, researchers used a descriptive-qualitative approach. Data collection was done through interviews, observation, and documentation. Rogers' innovation theory, which consists of relative advantage, suitability, complexity, trial, and ease of observing innovation, is used.Result: The result of this research is the public service innovation presented by the Ambon City Communications and Communication Service, which is an integrated electronic service medium aimed at facilitating the public or users in obtaining the services required by society, but whose implementation is not maximum due to a lack of coordination with various parties, as well as obstacles and factors that support the course of this innovation.Conclusion: There are still many obstacles to utilizing innovation, such as the quality of applications that could be improved and the lack of coordination between related parties. The researcher suggested that Ambon City's Department of Communication and Information Technology improve the application system and coordinate related problems so that users can make the most of it. Keywords: Integrated Services, Public Service, Innovation, Ambon Access ABSTRAK Permasalahan (GAP): Pemerintah Kota Ambon menyadari pentingnya peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan inovasi pelayanan publik melalui Aplikasi Ambon Access dan dapat mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan inovasi tersebut Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan inovasi pelayanan publik melalui Aplikasi Ambon Access dan dapat mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan inovasi tersebut.Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori inovasi Rogers yang terdiri dari keuntungan relatif,kesesuaian,kerumitan,uji coba, dan kemudahan mengamati inovasi Hasil/Temuan: Hasil dari penelitian ini adalah Inovasi pelayanan publik yang dihadirkan oleh Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Ambon yang merupakan media elektronik layanan terintegrasi yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat atau pengguna dalam mendapatkan layanan yang dibutuhkan oleh Masyarakat, Namun dalam pelaksanaannya belum maksimal dikarenakan kurangnya koordinasi dengan berbagai pihak,serta terdapat faktor yang menghambat dan faktor yang mendukung jalannya inovasi ini.Kesimpulan : Dalam penelitian ini masih terdapat banyak kendala,kendala yang ditemukan pada aplikasi maupun kurangnya koordinasi antara pihak-pihak yang terkait. Sehingga saran dari peneliti agar pihak Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Ambon dapat memperbaiki sistem aplikasi dan melakukan koordinasi terkait masalah-masalah yang ditemukan dalam berjalannya aplikasi agar dapat digunakan secara maksimal oleh pengguna. Kata kunci: Layanan Terintegrasi,Pelayanan,Publik,Inovasi,Ambon Access

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:20
Last Modified: 03 Jun 2024 03:20
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/17416

Actions (login required)

View Item View Item