EFEKTIVITAS APLIKASI SP4N LAPOR SEBAGAI LAYANAN PENGADUAN BAGI MASYARAKAT DI KOTA PEMATANG SIANTAR

Sinaga, Rexy Frank Torrence (2023) EFEKTIVITAS APLIKASI SP4N LAPOR SEBAGAI LAYANAN PENGADUAN BAGI MASYARAKAT DI KOTA PEMATANG SIANTAR. Other thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
Rexy Frank Torrence Sinaga_30.0134_EFEKTIVITAS APLIKASI SP4N LAPOR SEBAGAI LAYANAN PENGADUAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem/Background (GAP): Pematang Siantar City is one of the cities that utilizes the use of applications in public services in the field of e-government, namely the SP4N LAPOR Application. Purpose: The purpose of this study is to find out and describe the effectiveness of using the SP4N LAPOR application as a complaint service for the community in the form of improving public services at the Communication and Informatics Office of the City of Pematang Siantar. Method: This study uses a qualitative method with a descriptive approach that aims to describe phenomena related to the scope of research. The technique of collecting data is through interviews, documentation, and also observation, then the data is analyzed using theory. Results/Findings: The results of this study show that the City Government of Pematang Siantar, in this case the Office of Communication and Information of the City of Pematang Siantar, as the organizer and manager of the SP4N LAPOR application, is still experiencing several obstacles that need to be fixed so that the benefits of using the application are maximized. Conclusion: Through the analysis conducted, the researchers suggest several of them, namely by having ongoing socialization regarding the SP4N LAPOR application, increasing employee motivation with a "reward" system, making technology guidance to the SP4N LAPOR administrator, and improving internet network infrastructure. Key Words: Guidance, Street Child, Social Service Office ABSTRAK Permasalahan/Latar belakang (GAP): Kota Pematang Siantar merupakan salah satu kota yang memanfaatkan penggunaan aplikasi dalam pelayanan publik di bidang e-government yaitu Aplikasi SP4N LAPOR. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas penggunaan Aplikasi SP4N LAPOR sebagai layanan pengaduan bagi masyarakat dalam wujud peningkatan pelayanan publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pematang Siantar. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena yang terkait dengan lingkup penelitian. Teknik dalam pengumpulan data yaitu melalui wawancara, dokumentasi, dan juga observasi, kemudian data dianalisis dengan menggunakan teori. Hasil/Temuan: Hasil penelitian ini menunjukkan Pemerintah Kota Pematang Siantar dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pematang Siantar sebagai penyelenggara dan pengelola aplikasi SP4N LAPOR masih mengalami beberapa kendala yang perlu diperbaiki agar manfaat dari penggunaan aplikasi tersebut lebih maksimal. Kesimpulan: Melalui analisis yang dilakukan peneliti menyarankan beberapa diantaranya yaitu dengan adanya sosialisasi yang berkelanjutan mengenai aplikasi SP4N LAPOR, meningkatkan motivasi kerja pegawai dengan sistem “reward”, membuat bimbingan teknologi kepada admin pengelola SP4N LAPOR, dan meningkatkan infrastruktur jaringan internet. Kata Kunci: Efektivitas, Layanan Pengaduan, Aplikasi, SP4N LAPOR

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:07
Last Modified: 21 Jul 2023 02:07
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/16066

Actions (login required)

View Item View Item