EFEKTIVITAS PELAYANAN PENDAFTARAN ONLINE PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR PADA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN NGANJUK, PROVINSI JAWA TIMUR

Maulana, Ahmad Deby (2023) EFEKTIVITAS PELAYANAN PENDAFTARAN ONLINE PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR PADA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN NGANJUK, PROVINSI JAWA TIMUR. Diploma thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
Ahmad Deby Maulana_30.1428_Efektivitas pelayanan pendaftaran online pengujian kendaraan bermotor pada dinas perhubungan kabupaten nganjuk provinsi jawa timur.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): This research was conducted based on the problems found in the field, namely that there are still people who have low knowledge of information technology so they choose to use the services of brokers and there are still people who do not know about the online registration service system for motor vehicle testing due to a lack of outreach to the online service system to the public. Purpose: This study aims to determine the level of effectiveness of the online registration service for testing motorized vehicles at the Nganjuk District Transportation Office. Method: The research method used is descriptive qualitative research with an inductive approach. In collecting data, the writer used interview, observation and documentation techniques. Data analysis in this study was in the form of data reduction, data presentation and drawing conclusions. Result: Nganjuk Regency Transportation Service was able to get a Good score in the Community Satisfaction Index, have innovation which simplifies and accelerates the registration process and has adequate facilities and infrastructure. However, there are still constraints experienced in the dimensions of production or productivity and flexibility. The obstacles experienced are that there are still people who use the services of brokers because they do not understand current information technology and there are people who do not understand online registration services due to the lack of socialization provided by the Nganjuk District Transportation Office. Efforts made by the Department of Transportation of Nganjuk Regency are conducting socialization to the community within two weeks. Conclusion: Effectiveness of the Online Registration Service for Motorized Vehicle Testing at the Nganjuk Regency Transportation Service has been running effectively when viewed from the dimensions of quality, efficiency and satisfaction. Keywords: Effectiveness, Service, Motor Vehicle Testing ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan dilapangan yaitu masih terdapat masyarakat yang rendah pengetahuan akan teknologi informasi sehingga memilih menggunakan jasa calo dan masih terdapat masyarakat yang belum mengetahui akan sistem pelayanan pendaftaran online pengujian kendaraan bermotor dikarenakan kurangnya sosialisasi terhadap sistem pelayanan online kepada masyarakat. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat efektivitas pelayanan pendaftaran online pengujian kendaraan bermotor pada Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu dimana Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk mampu mendapatkan nilai Baik dalam Indeks Kepuasan Masyarakat, memiliki inovasi yang mempermudah dan mempercepat proses pendaftaran dan memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Akan tetapi, masih terdapat kendala yang dialami pada dimensi produksi atau produktivitas dan fleksibilitas. Kendala yang dialami yaitu masih adanya masyarakat yang menggunakan jasa calo karena tidak memahami teknologi informasi saat ini dan adanya masyarakat yang belum mengerti akan pelayanan pendaftaran online dikarenakan masih kurangnya sosialisasi yang diberikan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk. Upaya yang dilakukan Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk yaitu melakukan sosialisasi kepada masyarakat dalam tempo waktu dua minggu sekali. Kesimpulan: Efektivitas Pelayanan Pendaftaran Online Pengujian Kendaraan Bermotor Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk sudah berjalan efektif apabila dilihat dari dimensi mutu atau kualitas, efisiensi dan kepuasan. Kata kunci: Efektivitas, Pelayanan, Pengujian Kendaraan Bermotor

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:28
Last Modified: 13 Jul 2023 01:28
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15843

Actions (login required)

View Item View Item