STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA RELIGI TAMAN WISATA IMAN SITINJO DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN DAIRI PROVINSI SUMATERA UTARA

LUMBAN GAOL, TORAN DANIEL RAHUL (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA RELIGI TAMAN WISATA IMAN SITINJO DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN DAIRI PROVINSI SUMATERA UTARA. Other thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
Torang Daniel Rahul_30.0153_Strategi Pengembangan Wisata Religi Taman Wisata Iman Sitinjo Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Dairi.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Taman Wisata Iman Sitinjo merupakan salah satu objek wisata yang memiliki potensi yang perlu dikembangkan. Ini dikarenakan keunikan dari Taman Wisata Iman Sitinjo itu sendiri sangat berbeda dengan hutan pinus pada umumnya. Adanya rumah ibadah untuk 5 agama yang ada di Indonesia membuat Taman Wisata Iman Sitinjo menjadi tempat beribadah atau sekedar rekreasi bagi wisatawan yang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perkembangan serta kendala Taman Wisata Iman Sitinjo serta pendapatan yang diperoleh dari objek wisata tersebut karena Taman Wisata Iman Sitinjo merupakan objek wisata ikonik yang ada di Kabupaten Dairi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis, penulis dapat menyimpulkan bahwa Pengembangan Objek Wisata Taman Wisata Iman (TWI) Sitinjo berhasil dalam rangka kontribusi terhadap PAD Kabupaten Dairi yang bersumber dari data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dairi yang memberi kontribusi 2,25% pendapatan asli daerah terhadap Kabupaten Dairi. Strategi Dinas Pariwisata Kabupaten Dairi yang melakukan promosi disetiap event kebudayaan, pengoptimalan anggaran dalam perbaikan fasilitas serta pelatihan pada pegawai yang ada di Taman Wisata Iman Sitinjo. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan masyarakat dan pemerintah untuk pengelola sekaligus pemerintah untuk lebih memperhatikan objek wisata Taman Wisata Iman serta penulis menyarankan dengan menambahkan atraksi wisata yang lainnya agar wisatawan tidak mudah bosan dan juga memperhatikan fasilitas pendukung agar segera diperbaiki atau mungkin diperbaharui. Kata Kunci: Strategi, Pengembangan, Wisata Religi, Pendapatan Asli Daerah. ABSTRACT The development of tourist objects is one of the things that need to be considered in determining the progress of an area which also has an impact on the economy of the local population. Taman Wisata Iman Sitinjo is a tourist attraction that has potential that needs to be developed. This is because the uniqueness of the faith tourism park itself is very different from pine forests in general. The existence of houses of worship for 5 religions in Indonesia makes faith tourism parks a place of worship or just recreation for tourists who. In this study the authors used a qualitative descriptive research method by using 4 dimensions of Samsuridjal's theory, namely Tourist Attractions, Accessibility, Facilities and Institutions. So that it can be interpreted as research that focuses attention on the problems or phenomena that existed when the research was carried out or the actual problems, which describe the facts about the problem being studied. Data collection techniques include observation, documentation and interviews. Based on the results of the analysis, the authors can conclude that the Development of Tourism Objects at the Taman Wisata Iman Sitinjo (TWI) was successful in order to increase PAD in Dairi Regency. training for employees in the Sitinjo Faith Tourism Park. Based on the data that the researchers obtained, the results showed that the role of the community and the government for the development of the Taman Wisata Iman Sitinjo object was very influential. This is evidenced from interviews with managers and staff of the Dairi district tourism office. In the future, the authors hope that the manager and the government will pay more attention to the Iman Tourism Park tourist attraction by adding other tourist attractions so that tourists don't get bored easily and lso pay attention to supporting facilities so that they can be repaired or maybe renewed immediately. Keywords: Strategy, Development, Religious Tourism, Regional Original Revenue.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Politics and Government > Community Economic and Rural Development
Depositing User: Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat FPP
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:46
Last Modified: 14 Jul 2023 07:46
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15802

Actions (login required)

View Item View Item