Kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dalam Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan di Kota Tarakan

Ramadhon, Supazry (2023) Kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dalam Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan di Kota Tarakan. Other thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPSI PRAJA (Supazry Ramadhon_30.1600_Kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan di Kota Tarakan.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dinas dalam Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan, faktor penghambat dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang terjadi di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah Proses pemilihan data, Tampilan data, dan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sisi dinas terkait dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sudah mengikuti standar operasional prosedur yang berlaku dengan baik. Dari sisi pelayanan yang diberikan sudah didukung oleh sarana dan prasarana yang nyaman, pelayanan tanpa mendiskriminasi serta pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Adapun beberapa hambatan dalam pelayanan Izin Mendirikan Bangunan seperti gangguan pada layanan sistem seperti sering terjadinya server down, kurangnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terkait pentingnya memiliki Izin Mendirikan Bangunan. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yaitu pelaporan kendala server down kepada pengelola sistem dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya memiliki Izin Mendirikan Bangunan. Langkah terbaik yang harus dilakukan oleh dinas dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya Izin Mendirikan Bangunan yaitu terus berupaya meningkatkan pelayanan perizinan dengan Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung dengan cara meningkatkan kualitas jaringan yang digunakan dan terus berkoordinasi dengan pengurus pusat Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung demi memperbaiki dan menyempurnakan Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung yang dapat menciptakan kemudahan pelayanan perizinan bagi masyarakat. Selain melakukan sosialiasi mengenai pentingnya memiliki Izin Mendirikan Bangunan kepada masyarakat, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu juga dapat melakukan pendataan kepada masyarakat agar masyarakat yang tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan dapat didata dan segera diproses pembuatan Izin Mendirikan Bangunan. Kata Kunci: Kinerja Dinas, Pelayanan Perizinan, Izin Mendirikan Bangunan ABSTRACT This study aims to determine the performance of the agency in Building Permit Services, inhibiting factors and efforts made to overcome obstacles that occur at the Tarakan City Investment and One-Stop Integrated Services Office. This research uses a qualitative method that is descriptive in nature. Data collection techniques are interviews, observation and documentation. Data analysis techniques are data selection process, data display, and conclusion. The results showed that in terms of the apparatus has provided services to the community has followed the standard operating procedures that apply well. In terms of services provided, it has been supported by comfortable facilities and infrastructure, services without discrimination and services that are in accordance with the needs of the community. There are several obstacles in Building Permit services such as disruptions in system services such as frequent server downs, lack of knowledge and public awareness regarding the importance of having a Building Permit. Efforts made to overcome obstacles are reporting server down constraints to system managers and conducting socialization to the public regarding the importance of having a Building Permit. Suggestions that should be made by the agency in improving services to the community, especially the Building Construction Permit, are to continue to improve licensing services with the Building Management Information System by improving the quality of the network used and continuing to coordinate with the central management of the Building Management Information System in order to improve and refine the Building Management Information System which can create ease of licensing services for the community. In addition to socializing the importance of having a Building Construction Permit to the community, the One-Stop Investment and Integrated Service Office can also collect data from the community so that people who do not have a Building Construction Permit can be recorded and immediately processed to make a Building Construction Permit. Keywords: Agency Work Performance, Licensing Services, Building Permit

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Local Government Administration
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:09
Last Modified: 20 Jul 2023 04:09
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15733

Actions (login required)

View Item View Item