Wannery, Albert (2023) ANALISIS KUALITAS WEBSITE SIPENDUDUK DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PEKANBARU. Diploma thesis, IPDN.
This is the latest version of this item.
|
Text
Albert Wannery_30.0226_ANALISIS KUALITAS WEBSITE SIPENDUDUK DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PEKANBARU.pdf Download (391kB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The Population and Civil Registration Office of Pekanbaru City has an innovation in the form of Siwarga which can be accessed through sipenduduk.pekanbaru.go.id to improve and digitize population administration public services to the people of Pekanbaru City. The problem that occurs is that not all people understand related to the mechanism of service of the resident website and the quality of the server is still low, causing the population to often experience down. Purpose: The purpose of this study is to determine the quality of the website of the residents of Disdukcapil Pekanbaru City, find out the inhibiting factors and efforts to overcome the inhibiting factors in improving the quality of the website. Method: Research was conducted to determine the quality of sipenduduk.pekanbaru.go.id websites with the theory of Alvaro Rocha, obstacles in improving the quality of the population website and efforts made in overcoming obstacles. The research was conducted using a qualitative approach. Data collection is done through interviews, documentation and observation. The data was analyzed using data triangulation. Result: The research conducted obtained technical results in the form of measuring accessibility, performance, and security of sipenduduk.pekanbaru.go.id websites and results based on interviews with several informants so that data were obtained related to obstacles and efforts made by Disdukcapil Pekanbaru City in overcoming obstacles. Conclusion: The sipenduduk website is good in appearance but there are notes when testing. So that the Disdukcapil of Pekanbaru City needs to carry out technical testing based on the applicable ISO and there are obstacles in the form of budget that cause limited facilities and infrastructure but can be overcome by working with the Diskominfo of Pekanbaru City. Keywords: Quality; Resident; website; Pekanbaru. ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru memiliki sebuah inovasi berupa Sipenduduk yang dapat diakses melalui sipenduduk.pekanbaru.go.id untuk meningkatkan dan digitalisasi pelayanan publik administrasi kependudukan kepada masyarakat Kota Pekanbaru. Permasalahan yang terjadi tidak semua masyarakat paham terkait dengan mekanisme pelayanan website sipenduduk dan kualitas server yang masih rendah sehingga menyebabkan sipenduduk sering mengalami down. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas website sipenduduk Disdukcapil Kota Pekanbaru, mengetahui faktor penghambat dan upaya mengatasi faktor penghambat dalam peningkatan kualitas website. Metode: Penelitian dilakukan untuk mengetahui kualitas website sipenduduk.pekanbaru.go.id dengan teori alvaro rocha, hambatan dalam peningkatan kualitas website sipenduduk dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan triangulasi data. Hasil/Temuan: Penelitian yang dilakukan didapatkan hasil secara teknis berupa pengukuran aksesbilitas, performa, dan keamanan website sipenduduk.pekanbaru.go.id serta hasil berdasarkan wawancara dengan beberapa informan sehingga didapatkan data terkait hambatan dan upaya yang dilakukan Disdukcapil Kota Pekanbaru dalam mengatasi hambatan. Kesimpulan: website sipenduduk sudah baik secara tampilan namun terdapat catatan ketika dilakukan pengujian. Sehingga Disdukcapil Kota Pekanbaru perlu melakukan pengujian teknis berdasarkan ISO yang berlaku serta terdapat hambatan berupa anggaran yang menyebabkan keterbatasan sarana dan prasarana namun dapat diatasi denga berupaya melalui kerjasama dengan Diskominfo Kota Pekanbaru Kata kunci: Kualitas; Sipenduduk; website; Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Goverment Management > Smart City Information Management |
Depositing User: | Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 07:08 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 07:08 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15628 |
Available Versions of this Item
- ANALISIS KUALITAS WEBSITE SIPENDUDUK DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PEKANBARU. (deposited 07 Jul 2023 07:08) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |