OPTIMALISASI PENGGUNAAN WEBSITE JAYAPURAKOTA SEBAGAI SUMBER INFORMASI PUBLIK MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE

Wakum, Sara Andrianti A/sara (2023) OPTIMALISASI PENGGUNAAN WEBSITE JAYAPURAKOTA SEBAGAI SUMBER INFORMASI PUBLIK MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE. Other thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
DEPOSITREPOSITORY_SARA ANDRIANTI A. WAKUM_30.1444_OPTIMALISASI WEBSITE JAYAPURAKOTA SEBAGAI SUMBER INFORMASI PUBLIK DENGAN METODE SYSTEM USABILITY TESTING.pdf

Download (502kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problems/Background (GAP): The government in carrying out public services to the community, the Jayapura City Communication and Informatics Service or (Diskominfo) provides a website that acts as a source of information and also services to the people of Jayapura City. The website designed by Diskominfo Jayapura is made in such a way that it is easy for the community to use. The central government remains focused on efforts to develop Smart City in Jayapura City to support the running of government, not only so that it is not left behind but so that it can meet the needs of users or the community. In this case Smart Government itself is one part of the realization of a Smart City. The government, in this case the Jayapura City Communication and Information Service, is trying to optimize the use of the website as a form of implementing the e-Government system as a source of public information. Purpose: the purpose of running the Jayapurakota website is to provide public services to the community in the form of information and services. Methods: this study uses qualitative research methods that apply descriptive methods and inductive approaches. This research in its process is research that solves problems using empirical data. Results/findings: The City of Jayapura, in this case the Office of Communication and Informatics, can expand the network to create a smart city and this can be implemented by creating points or areas that can access the internet quickly, which also makes it easier for people to get public services and can also realize a smart city in Jayapura City. Conclusion: The Jayapura City Communication and Informatics Service is trying to provide public services, namely providing various kinds of information that includes extensive services and information as well as information about OPD and various other types that can be enjoyed by the people of Jayapura City as users, and in the course of this website the Service Communication and Informatics Jayapura City always tries to optimize its services starting from features and also completeness in providing services and always trying to improve facilities and infrastructure so that the services provided can run. Keywords: Public Service, System Usability Scale, Smart City. ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang(GAP): Pemerintah dalam menjalankan pelayanan publik kepada masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika atau (Diskominfo) Kota Jayapura menyediakan website yang berperan sebagai sumber informasi dan juga layanan kepada masyarakat Kota Jayapura. Website yang dirancang oleh Diskominfo Jayapura ini dibuat sedemikian rupa agar mudah digunakan oleh masyarakat.Pemerintah pusat tetap berfokus pada upaya pengembangan Smart City di Kota Jayapura untuk mendukung jalannya pemerintahan, bukan hanya agar tidak tertinggal namun agar bisa memenuhi kebutuhan user atau masyarakat. Dalam hal ini Smart Government itu sendiri adalah salah satu bagian dari terwujudnya Smart City. Pemerintah dalam hal ini adalah Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Jayapura berusaha untuk mengoptimalisasi penggunaan website sebagai bentuk pelaksanaan system e-Government sebagai sumber informasi publik. Tujuan: tujuan dari website jayapurakota dijalankan adalah untuk memberitan pelayanan publik kepada masyarakat dalam bentuk informasi dan pelayanan. Metode: penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menerapkan metode deskriptif dan pendekatan induktif. Penelitian ini dalam prosesnya merupakan penelitian yang menyelesaikan masalah dengan menggunakan data empiris. Hasil/temuan: Kota Jayapura dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika dapat memperluas jaringan agar terwujudnya smart city dan hal ini dapat di implementasikan dengan membuat titik-titik atau kawasan yang dapat mengakses internet dengan cepat yang mana hal ini juga memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan publik dan juga dapat mewujudkan smart city di Kota Jayapura. Kesimpulan: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Jayapura mencoba memberikan pelayanan publik yaitu menyediakan berbagai macam informasi yang memuat tentang pelayanan dan informasi secara luas dan juga informasi tentang OPD dan bebagai macam lainnya yang dapat dinikmati oleh masyarakat Kota Jayapura sebagai user, dann dalam berjalannya website ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Jayapura selalu mencoba mengoptimalkan pelayanannya mulai dari fitur dan juga kelengkapan dalam memberikan pelayanan dan selalu berusaha untuk meningkatkan sarana dan prasarana agar pelayanan yang diberikan bisa berjalan. Kata Kunci: Pelayanan Publik, System Usability Scale, Smart City.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:47
Last Modified: 03 Jul 2023 01:47
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15480

Actions (login required)

View Item View Item