Rachman, Agung Aulia (2023) INOVASI SISTEM PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK NASIONAL – LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (SP4N-LAPOR) DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI KOTA TEGAL PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, IPDN.
|
Text
REPOSISTORY AGUNG AULIA RACHMAN 30.0638 A6.pdf Download (690kB) | Preview |
Abstract
Teknologi informasi telah merambah ke dalam organisasi dan bahkan telah mengurangi beban pekerjaan pegawai sehingga suatu organisasi yang telah mengimplementasikan peralatan canggih yang mendukung aktivitas pegawainya akan memberikan output yang bermanfaat bagi organisasi, terutama dalam meningkatkan efektivitas, efisiensi, optimalisasi pemberian pelayanan publik. Perkembangan Informasi yang sangat pesat juga mendapat respon oleh Pemerintah Kota Tegal, yang mana saat ini masyarakat telah terbiasa dan paham menggunakan berbagai saluran komunikasi melalui media sosial, telepon seluler dan website. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, Pemerintah Kota Tegal melakukan berbagai langkah untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik yang ada. Dengan melakukan pemanfaatan Aplikasi SP4N-LAPOR untuk mengatasi permasalahan yang ada di Kota Tegal melalui pengaduan masyarakat berbasis online. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kepeduliannya melaporkan masalah yang terjasi di lingkungan sekitar sehingga dapat terciptanya kenyamanan pada masyarakat. Kata Kunci: Teknologi Informasi, Pelayanan Publik, Partisipasi Masyarakat Information technology has penetrated into organizations and has even reduced the workload of employees, so an organization that has implemented advanced equipment to support its employees' activities will provide beneficial outputs for the organization, especially in improving the effectiveness, efficiency, and optimization of public service delivery. The rapid development of information technology has also received a response from the Tegal City Government, where the community is now accustomed to and understands the use of various communication channels through social media, mobile phones, and websites. In order to improve the quality of public services, the Tegal City Government has taken various steps to improve the existing public services. By utilizing the SP4N-LAPOR application to address issues in Tegal City through online-based community complaints. It is hoped that with the existence of this application, community participation in reporting problems in the surrounding environment will increase, resulting in the creation of comfort for the community. Keywords: Information Technology, Public Services, Community Participation.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Politics and Government > Applied Indonesian Politics |
Depositing User: | Politik Indonesia Terapan |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 04:26 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 04:26 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15403 |
Actions (login required)
View Item |