Shidqi Alana, Muhammad Reyhan (2023) PENGEMBANGAN WISATA RELIGI SITUS MASJID AGUNG BANTEN DI KOTA SERANG OLEH DINAS PARIWISATA PROVINSI BANTEN. Other thesis, IPDN.
|
Text
RINGKASAN SKRIPSI (1).pdf Download (452kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan wisata religi situs Masjid Agung Banten. Perekonomian suatu negara sering kali dianggap sebagai salah satu faktor pendorong pariwisata. Salah satu peninggalan Kesultanan Banten adalah situs Masjid Agung Banten yang kini menjadi destinasi wisata populer di Kota Serang, Provinsi Banten, dan memberikan kontribusi ekonomi yang cukup signifikan bagi daerah tersebut. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan pendekatan deduktif dengan menggunakan teori oleh Cooper tentang empat komponen utama destinasi pariwisata yaitu atraksi, fasilitas, aksesibilitas, dan pelayanan tambahan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan kajian dokumen. Pemilihan informan menggunakan metode purposive sampling. Kemudian analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu pengembangan pariwisata Religi Situs Masjid Agung dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar baik bagi pelaku usaha dan juga wisatawan. Namun dalam upaya pengembangan pariwisata religi Situs Masjid Agung Banten di Kota Serang memiliki beberapa faktor kendala diantaranya kurangnya kualitas fasilitas dan kurangnya partisipasi masyarakat. Pemerintah Daerah dalam mengembangkan Situs Masjid Agung Banten yaitu dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, Peningkatan kuantitas dan kualitas sarana prasarana dan Peningkatan partisipasi masyarakat. Kata Kunci : Pariwisata Religi, Situs Masjid Agung Banten, Dinas Pariwisata ABSTRACT The purpose of this study was to determine the development of religious tourism of the Banten Great Mosque site. The economy of a country is often considered as one of the driving factors of tourism. One of the relics of the Banten Sultanate is the Banten Great Mosque site which is now a popular tourist destination in Serang City, Banten Province, and makes a significant economic contribution to the area. This research design is a qualitative research with a descriptive method and deductive approach by using Cooper's theory of the four main components of tourism destinations, namely attractions, facilities, accessibility, and additional services. Selection of informants using purposive sampling method. Then data analysis is done through data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study are the development of religious tourism of the Great Mosque Site can be felt by the surrounding community both for business people and tourists. However, in an effort to develop religious tourism Banten Great Mosque Site in Serang City has several obstacle factors including the lack of quality facilities and lack of community participation. The Local Government in developing the Banten Great Mosque Site is by improving the quality of Human Resources, Increasing the quantity and quality of infrastructure facilities and Increasing community participation. Keywords: Religious Tourism, Banten Great Mosque Site, Tourism Office
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat FPP |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 07:32 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 07:32 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/15145 |
Actions (login required)
View Item |