OKTAVANI, HERFINDA (2023) PENGARUH MINAT USAHA DAN JARINGAN PROMOSI TERHADAP KEBERHASILAN USAHA MIKRO DAN KECIL BERBASIS EKONOMI KREATIF DI KOTA PADANG PANJANG. Other thesis, IPDN.
|
Text
REPOSITORY HERFINDA OKTAVANI.pdf Download (571kB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT Problem Statement/Background(GAP): The development of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Indonesia has been rapidly increasing, reaching 64 million entrepreneurs. This has led to intense competition among MSME players. Therefore, innovations are needed to sustain their businesses. One innovation applied in Padang Panjang City is the creative economy-based business. Purpose: The aim of this study is to examine the influence of business interest and promotion networks on the development of micro and small businesses based on the creative economy in Padang Panjang City. Methods: The research method used is a quantitative method with Simple Random Sampling (SRS) technique for sampling. Respondents in this study are micro and small business owners in Padang Panjang City engaged in the creative economy. Data were analyzed using IBM SPSS Statistics 25. Results: The results showed that business interest has a significant influence on the development of micro and small businesses based on the creative economy in Padang Panjang City, as evidenced by the t-value (4.201) > t-table (2.005) and the significance value of 0.00 < 0.05. The Promotion Network variable partially has an influence on the success of MSMEs with a t-value (4.524) > t-table (2.005) and a significance value of 0.00 < 0.05. Conclusion: Thus, it can be concluded that both variables have a significant influence on the success of creative economy-based MSMEs in Padang Panjang City. Keywords: Business Interest, Promotion Networks, Micro and Small Business Development, Creative Economy, Padang Panjang City ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Perkembangan UMKM di Indonesia terus meningkat secara pesat hingga mencapai 64 juta pelaku. Hal ini menyebabkan terjadinya persaingan yang ketat di antara pelaku UMKM. Oleh karena itu, inovasi-inovasi diperlukan untuk mempertahankan keberlangsungan usaha tersebut. Salah satu inovasi yang diaplikasikan di Kota Padang Panjang adalah usaha berbasis ekonomi kreatif. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh minat usaha dan jaringan promosi terhadap keberhasilan usaha mikro dan kecil berbasis ekonomi kreatif di Kota Padang Panjang. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling (SRS). Responden dalam penelitian ini adalah pemilik usaha mikro dan kecil di Kota Padang Panjang yang bergerak dalam bidang ekonomi kreatif. Data dianalisis dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 25. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat usaha memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan usaha mikro dan kecil berbasis ekonomi kreatif di Kota Padang Panjang. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung (4.201) > ttabel (2.005) dan nilai signifikansinya sebesar 0.00 < 0.05. Variabel Jaringan Promosi secara parsial mempunyai pengaruh terhadap Keberhasilan UMKM dengan nilai thitung (4.524) > ttabel (2.005) dan nilai signifikansinya sebesar 0.00 < 0.05. Kesimpulan: Sehingga dapat disimpulkan dari kedua variabel tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan UMKM berbasis ekonomi kreatif di Kota Padang Panjang. Kata Kunci : Minat Usaha, Jaringan Promosi, Keberhasilan Usaha Mikro Dan Kecil, Ekonomi Kreatif, Kota Padang Panjang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Politics and Government > Community Economic and Rural Development |
Depositing User: | Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat FPP |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 03:45 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 03:45 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/14967 |
Actions (login required)
View Item |